Dermaga RoRo Tanjung Buton roboh

Pelabuhan-Tanjung-Buton-Siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dermaga sandar kapal roll on roll off (RoRo) Yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Kepulauan Riau di Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Riau roboh pada Selasa siang.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto di Pekanbaru mengatakan insiden itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB tadi. Seorang pegawai Dinas Perhubungan yang bertugas di dermaga tersebut dilaporkan menjadi korban dan hingga kini keberadaannya belum ditemukan.

"Korban atas nama Riandi dan upaya pencarian masih terus dilakukan," katanya.

Ia menjelaskan ambruknya jembatan dermaga Sandara RoRo Tanjung Buton, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak itu terjadi secara tiba-tiba. Beruntung pada saat kejadian tidak ada aktivitas bongkar muat kendaraan sehingga korban bisa diminimalisir.


Polisi masih menyelidiki insiden mengerikan tersebut. Namun, berdasarkan keterangan sejumlah saksi, diduga ambruknya jembatan dermaga RoRo itu akibat konstruksi yang telah lapuk. Sementara arus air laut di lokasi kejadian cukup kuat.

Sunarto juga mengatakan bahwa aset tersebut merupakan milik Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Riau.

Sementara itu, informasi yang dirangkum, korban hilang bernama Riandy. Dia merupakan staf pelayanan Mengkapan PPNPN BPTD IV.

Robohnya dermaga terjadi sesaat setelah KMP Satria Pratama usai bersandar dan menurunkan penumpang serta kendaraan dari Batam.

Basarnas Pekanbatu sudah meluncur ke TKP untuk melakukan pencarian kotban, sementara saat ini pihak BPTD IV dan Dishub Provinsi Riau masih dalam oerjalanan menuju lokasi.

BPTD IV telah meminta pihak ASDP dan operator kapal untuk menghentikan sementara pelayanan penumpang lintasan Batam-Mengkapan, termasuk untuk seluruh penyebrangan roro lainnya. (**)