Aktual, Independen dan Terpercaya


PDIP Riau Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah 2020

PDIP-Ilustrasi.jpg
(Kedai Pena)

Laporan: ANDRIAS

RIAUONLINE, BENGKALIS - PDI Perjuangan terus melakukan persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di 9 Kabupaten/Kota se Provinsi Riau.

Persiapan itu di antaranya membuka penjaringan terhadap bakal calon (Bacalon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah bakal diusung PDI Perjuangan pada Pilkada serentak 2020.

Ke 9 Kabupaten dibuka penjaringan diantaranya Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu, Kuansing, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kota Dumai, Meranti, Siak dan Kabupaten Bengkalis.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Daearah (DPD) PDI Perjuangan, Kaderismanto. Menurutnya, berdasarkan aturan internal partai, proses penjaringan dibuka untuk internal partai maupun luar partai atau umum.

"Termasuk kader-kader terbaik partai yang punya niat ingin maju dapat melakukan koordinasi baik secara terbuka atau pun tertutup kepada partai," ujarnya saat berbincang dengan RIAUONLINE.CO.ID , Sabtu 31 Agustus 2019.

Kaderismanto menambahakan, idealnya, penjaringan ini harus diumumkan kepada masyarakat dan dipersilahkan kepada bakal calon yang berminat berjuang bersama PDI Perjuangan.

"PDI Perjuangan membuka pintu selebar-lebarnya kepada para tokoh masyarakat dan tokoh parpol, tanpa mengurangi hak para kader terbaik partai yang berkeinginan maju pada helat pilkada 2020 mendatang," terang pria kerap di sapa Kade ini menjelaskan.

Sekjen DPD PDI Perjuangan Riau, juga Wakil Ketua DPRD Bengkalis ini menambahkan bagi partai besutan Megawati Soekarno Putri adalah sesuai platform perjuangan dan tujuan untuk kesejahteraan rakyat.

"Tentunya yang menjadi barometer awal atau indikator teknis soal popularitas dan elektabilitas bacalon harus diukur dengan metode ilmiah melalui survei yang tentunya akan dilakukan oleh PDI P, untuk menjadi pertimbangan akhir yang akan disampaikan kepada DPP Partai," pungkasnya.