Aktual, Independen dan Terpercaya


Rumus Hidup Ruspan Aman Yang Terus Dikenang Marwan Yohanis

Komisi-B-DPRD-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau, Marwan Yohanis, mengaku sampai saat ini masih ingat dengan pesan yang disampaikan oleh Politisi senior Partai Golkar asal Kuansing, Almarhum Ruspan Aman.

"Yang paling saya ingat adalah rumus 4 O sebagai pedoman hidup di tengah masyarakat, beliau ini selalu memberi nasehat dengan dengan cara humor," kata Marwan, Minggu, 11 Agustus 2019.

O yang pertama, jelas Marwan ialah Otak, dimana setiap terlibat dalam interaksi di masyarakat kita harus menggunakan otak kita untuk kepentingan bersama.

Kemudian O yang kedua adalah Otot. Saat seseorang tidak memiliki kemampuan berpikir yang baik, ia masih mampu menggunakan ototnya dalam melakukan pekerjaan.

"Lalu O yang ketiga adalah Ongkos. Misalnya kita seorang pebisnis yang tidak memiliki waktu untuk mengikuti rapat masyarakat apalagi untuk bekerja, kita bisa memberi ongkos pada pekerjaan tersebut," ujar politisi Gerindra ini.

Sedangkan O yang terakhir adalah Onok, yang dalam bahasa Kuansing artinya diam. Jadi, apalagi kita tidak mampu memberi pemikiran, tenaga apalagi dana, sebaiknya diam saja.

"4 O ini yang masih sangat melekat di kepala saya, bahkan jika diberi kesempatan presentasi saya sering mengulang teori ini kepada orang, bahkan saat saya di Gerindra sekarang. Masih saya terapkan dan sampaikan ke generasi muda," tuturnya.