Aktual, Independen dan Terpercaya


FGD, Badko HMI Riau-Kepri Apresiasi KPU Kepri

HMI-PARJO.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Kepuluan Riau (Badko HMI Riau-Kepri) melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Apresiasi HMI atas suksesnya Pemilu 2019” yang dilaksanakan di Aula Asrama Haji Kota Batam, 02 Agustus 2019.

Pembicara dalam diskusi tersebut adalah Ketua Umum Badko HMI Riau-Kepri Suparjo dan Wasekjend Pengurus Besar HMI Vidiel Tania Pratama yang disaksikan oleh sejumlah pengurus serta kader HMI.

Diskusi tersebut digagas sebagai bentuk respon positif HMI atas penyelanggaraan Demokrasi tahun 2019. Badko HMI Riau-Kepri mengapresiasi kinerja-kinerja KPU dalam penyelenggaran pemilu 2019.

Suparjo menilai, Pemilu 2019 tergolong sukses meskipun digelar secara serentak antara Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif serta menjadi pemilu serentak pertama di dunia meskipun terdapat beberapa kekurangan.

"Pemilu yang dilaksanakan di Kepulauan Riau dan Batam khususnya tidak terpengaruh oleh isu-isu nasional, sehingga terlaksana dengan baik dan damai," kata Suparjo.

Selain itu, untuk di Kepri sendiri, Suparjo menilai tidak ada keributan yang signifikan apabila dibandingkan daerah lain yang berujung sampai ke ranah hukum.

Tak hanya itu, tingkat partisipasi peserta pemilu 2019 bertambah dibandingkan dengan pemilu 2014 lalu, yang artinya masyarakat mulai peduli akan demokrasi.

Lebih jauh, HMI juga mengapresiasi tim pengamanan pemilu 2019 oleh TNI-Polri yang dinilainya sangat baik, sehingga terciptanya kenyamanan dan keamanan sebelum dan sesudah proses pemilihan berlangsung.

"TNI dan Polri menjadi lembaga yang paling sibuk dalam proses Pemilu 2019 dari tahap pencalonan hingga berakhirnya Pleno di tingkat Pusat, dan pengamana terbaik juga diberikan TNI-Polri dalam aksi 22 Mei 2019," pungkasnya.

Sementara Wasekjend PB-HMI, Vidiel Tania Pratama menambahkan, terkait adanya kesalahan dan kekeliruan tidak menjadikan KPU gagal dalam menjalankan tugas sebagai penyelengara pemilu, KPU Batam menjadi barometer suksesnya pemilu di Kepulauan Riau.

Sebab, hampir 60 persen pemilih Kepri ada di Batam, sehi gga KPU Kota Batam sangat layak mendapatkan apresiasi dari masyarakat batam perihal pelaksanaan pemilu 2019 tersebut.

"KPU Provinsi Kepri dan KPU Kabupaten/kota lain yang ada diwilayah Kepri juga sangat baik dan sukses dalam menjalankan tugas-tugasnya, para relawan dan organisasi kepemudaan juga turut aktif dan berperan baik dalam mengawal proses pemilu 2019, para pemuda mampu mengejawantahkan norma-norma yang ada dalam mengawal berjalannya pemilu 2019," jelasnya.

Berkaca dari kesuksesan Pemilu 2019 yang ada di Batam dan Kepri pada umumnya, Badko HMI Riau-Kepri merasa yakin KPU Kota Batam dan Kabupaten/kota lainnya mampu menyelenggarakan Pilkada 2020 Kepulauan Riau dengan baik.

"Seperti yang kita ketahui, Provinsi Kepulauan Riau dan 6 Kabupten/Kota kecualai Kota Tanjungpinang akan mengadakan Pilkada serentak 2020, banyak tokoh yang digadang-gadang akan maju menjadi Gubernur Kepulauan Riau," tambahnya.

Dalam kesempatan, itu HMI menyebut ada sejumlah tokoh layak maju seperti kader terbaik HMI Ismeth Abdullah Gubernur Pertama Kepualauan Riau, serta masih banyak tokoh yang diprediksi maju diantaranya Isdianto Plt. Gubernur Kepri, Muhammad Rudi Walikota Batam dan Waguh Kepri Soeryo Respationo.

Kemudian ada nama, Ansar Ahmad Bupati Kabupaten Bintan 2 periode, Wakapolda Kepri Jendral Yan Fitri, dan juga banyak tokoh lainnya.

"Hal ini akan menjadi pertarungan sengit sehingga penyelenggara pemilu juga akan bekerja keras, dan KPU saya rasa sanggup," tutupnya.