RAPP Kampanyekan Diet Plastik Sekali Pakai di Lingkungan Kerja dan Perumahan Karyawan

diet-plastik.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi pemakaian  produk plastik sekali pakai di Indonesia. Hal tersebut dilakukan dengan menggiatkan Kampanye Diet Plastik atau meminimalisir penggunaan plastik di lingkungan kerja dan perumahan yang berada di Riau Kompleks RAPP, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

Saat ini tempat perbelanjaan, kantin karyawan, hotel, dan kantin sekolah di Riau Kompleks RAPP nyaris tidak lagi menyediakan produk berbahan plastik sekali pakai. Para karyawan dan warga Riau Kompleks sudah terbiasa membawa tempat makan dan tas jinjing sendiri. Di Sekolah Mutiara Harapan dan Global Andalan, para siswa diasah keterampilannya untuk membuat kerajinan dari plastik, alih-alih menjadi sampah yang sulit untuk diolah kembali.

Suresh Krishnamurthy selaku Head of Business Continuous Improvement Department (BCID) RAPPmengatakan kampanye pengurangan produk berbahan plastik mulai dilaksanakan perusahaan sejak bulan Juli 2018.  

Menurut Suresh, dalam mempromosikan kampanye ini, departemennya sejauh ini sudah mendistribusikan sebanyak 1.300 hingga 1.500 tas belanja yang terbuat dari bahan yang mudah di daur ulang kepada warga Riau Kompleks.

"Sebagian besar warga dan karyawan telah mendukung program ini dengan sangat baik, berbelanja dengan tas mereka sendiri," ujar Suresh.

Suresh menambahkan pembeli yang lupa membawa tas kanvas saat berbelanja dapat memilih untuk membeli tas kanvas baru dengan biaya yang murah.

“Kampanye plastik tidak akan berakhir di sini, nantinya mereka diharapkan akan membawa apa yang telah mereka pelajari kembali ke rumah mereka dan memberitahu orang tua mereka tentang pentingnya pengurangan plastik dan menjaga lingkungan,” tutur Suresh.

Suresh berharap kampanye dapat diperluas di luar Kompleks RAPP, misalnya di Kota Pangkalan Kerinci dan Provinsi Riau secara umumnya.

Saat ini RAPP juga sedang menggelar kampanye dengan tagar #PlasticFreeChallenge di seluruh grub bisnis, baik di dalam maupun luar negeri. Sementara itu, beberapa hari lalu, perusahaan juga terus menggiatkan program pengurangan plastik sekali pakai melalui program bank sampah, salah satunya di Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PLHK) ke-23 di Jakarta.

Langkah RAPP, perusahaan bagian dari APRIL Group untuk meminimalkan penggunaan plastik sekali pakai mencerminkan prinsip bisnis perusahaan yakni Baik bagi Masyarakat, (Good for Community), Baik bagi Negara, (Good for Country), Baik bagi Iklim (Good for Climate), Baik bagi Pelanggan (Good for Customer) dan pada akhirnya Baik bagi Perusahaan (Good for Company).

Hal ini juga mendukung komitmen Indonesia untuk membantu mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB atau Sustainable Development Goals (SDGs). (rls)