Anda Punya Riwayat Keturunan Diabetes? Ini 4 Langkah Mencegahnya

Timbangan-Berat-Badan.jpg
(Internet)

RIAUONLINE - Ada banyak faktor penyebab diabetes, salah satunya adalah faktor keturunan atau riwayat diabetes. Orang dengan memiliki riwayat keturunan diabetes akan sangat cemas bila hal ini terjadi pada dirinya.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh gula darah di dalam tubuh yang melebihi batas normal. Munculnya diabetes pada seseorang pun beragam.

Kalau kamu termasuk ke dalam orang yang memiliki keturunan penderita diabetes dari keluarga, ternyata masih ada cara mencegah diabetes agar tidak terjadi pada dirimu. Ya, karena disamping faktor keturunan, ternyata faktor lingkungan juga sangat menentukan seseorang akan menderita diabetes atau tidak.

Bila kamu mampu menghindari pemantik atau faktor lingkungan penyebab diabetes ini, maka risiko munculnya penyakit ini sangat minim terjadi. Berikut ini Liputan6.com, Jum’at (28/6/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara mencegah diabetes keturunan sebagaimana dikutip RIAUONLINE.

Menjaga Asupan Makan

Untuk menghindari diabetes, kamu juga perlu mengatur pola makan yang sehat dengan gizi seimbang. Spesifiknya, kamu perlu memperhatikan kadar karbohidrat, memilih lemak baik dan lemak jahat, membatasi daging merah dan daging olahan, serta mengonsumsi air putih yang cukup.

Untuk karbohidrat, kamu perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang rendah. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat rendah seperti biji-bijian bisa menghindari kamu dari diabetes. Hal ini dikarenakan kulit dan serat pada biji-bijian sulit pecah menjadi glukosa.

Begitu juga dengan memilikih lemak. Pentingnya untuk memilih lemak baik seperti lemak nabati dikarenakan adanya kandungan omega-3 yang baik untuk tubuh. Selain itu, batasi juga konsumsi daging merah dan daging olahan.

Di dalam daging merah dan daging olahan terkandung natrium dan nitrit yang tinggi. Untuk mendapatkan asupan protein, kamu bisa menggantinya dengan susu rendah lemak seperti ayam dan ikan.

Terakhir, untuk menghindari munculnya diabetes yang diakibatkan faktor keturunan, kamu bisa menjauhi dari minuman-minuman yang manis seperti teh. Agar asupan cairan tetap tercukupi dan aman, kamu bisa mengonsumsi air putih secara cukup yaitu sebanyak 8 gelas setiap harinya.

Perbanyak Bergerak

Bagi kamu dengan riwayat diabetes, ada baiknya untuk banyak bergerak baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Ya, terlalu lama duduk juga bisa menyebabkan kamu mengalami berat badan berlebih. Bila hal ini dibiarkan, dapat membuat berat badan kamu tidak terkontorl dan risiko munculnya diabetes sangat besar.

Olahraga

Selain menjaga pola makan dan selalu bergerak, pastikan juga untuk melakukan olahraga. Hal ini dilakukan untuk mengatur gula darah pada tubuh. Kamu dengan kondisi memiliki riwayat diabetes, harus rutin melakukan olahraga.

Olahraga memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari berolahraga adalah mampu memberikan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah diabetes keturunan. Olahraga yang bisa kamu lakukan adalah bersepeda, lari, dan lain sebagainya.

Hindari Konsumsi Makanan yang Manis

Makanan dan minuman manis juga mengandung kadar glikemik yang tinggi. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menghindari mengonsumsi makanan dan minuman terlalu manis. Karena ini bisa meningkatkan gula darah menjadi sangat naik.

Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok bukanlah sesuatu yang baik untuk tubuh. Rokok mempunyai kandungan-kandungan yang bisa merusak kerja tubuh, sehingga orang yang mengonsumsi secara berlebihan akan mudah terganggu kesehatannya. Disini rokok akan memanfaatkan hormon insulin dalam menyebarkan glukosa ke organ, sehingga resiko untuk mengidap penyakit diabetes lebih besar.

Begitu juga dengan alkohol. Alkohol juga bisa menyebarkan glukosa ke organ, sehingga resiko untuk mengidap penyakit diabetes menjadi lebih besar.

Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor resiko besar penyebab terkena diabetes. Obesitas dapat meningkatkan resiko mengalami diabetes lebih besar. Bila berat badan kamu berlebih, sebaiknya kamu perlu menurunkannya secara bertahap hingga mencapai berat badan yang normal.