Bupati Siak: Bukan Pasien yang Datang, Tapi Dokter ke Rumah Warga

Bupati-Siak-Serahkan-KIS1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: Effendi

RIAU ONLINE, SIAK - Pada malam ke-10 Safari Ramadan di Masjid Baitul Muttaqin, Kumbara Utama kecamatan Kerinci Kanan, Bupati Siak, Syamsuar menyampaikan kepada pihaknya untuk mencari rumah sakit yang di Pekanbaru untuk masyarakat Siak yang membutuhkan.

"Tolong carikan rumah sakit yang ada di Pekanbaru untuk masyarakat kita yang membutuhkan, jika tidak bisa dibayar oleh pemda, nanti biar saya yang bayar. Karena sudah menjadi tanggungjawab seorang pemimpin untuk melayani masyarakatnya,” ujar Syamsuar, Senin, 5 Juni 2017.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, pihaknya membangun Rumah Sakit (RS) tipe D Pratama di Bukit Agung Kecamatan Kerinci Kanan, yang saat ini dalam proses pelelangan.

Baca Juga: Safari Ramadan ke Kuansing, Syamsuar Blusukan Hingga Nostalgia

Terkait dengan pelayanan pasien dengan jaminan kesehatan, Syamsuar mengatakan RS Pratama memberikan pelayanan yang prima, sehingga hal itu menjadi nilai tambah bagi RS Pratama.


Rumah Sakit Pratama adalah rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan kesehatan dasar yang tidak membedakan kelas perawatan dalam upaya menjamin peningkatan akses bagi masyarakat. Terutama dalam rangka penyelenggaraan kegiatan upaya kesehatan perorangan yang memberikan pelayanan gawat darurat selama 24 jam, pelayanan rawat jalan, dan rawat inap.

Rencananya, Rumah Sakit Pratama akan menyediakan dokter spesialis dan perawat yang profesional untuk menangani pasien yang butuh pertolongan.

Klik Juga: Syamsuar Beri Santunan ke Anak Yatim Piatu di Siak Dalam Safari Ramadan

Dikatakannya lagi, dokter yang akan bertugas di sana adalah dokter yang berasal dari anak-anak daerah yang telah selesai pendidikannya. Adapun daerah yang diprioritaskan adalah Kecamatan Kerinci Kanan, Sungai Apit, Tualang, Minas dan Kecamatan Kandis.

"Kami nanti berencana untuk membuat dokter keluarga, dokter keluarga ini akan datang ke rumah masyarakat hingga ke pelosok kampung. Bukan pasien yang datang, tapi dokter yang datang ke rumah warga,” terangnya.

Syamsuar menyebutkan, beberapa waktu yang lalu pihaknya diundang rapat bersama BPJS dan Ketua IDI wilayah Riau di Pekanbaru, dalam rangka meningkatkan pelayanan BPJS kepada masyarakat. Terkait keluhan-keluhan dari masyarakat tentang BPJS akan ditindaklanjuti.

Tujuan rapat itu untuk mengoptimalkan hubungan kemitraan dan kepercayaan antara BPJS Kesehatan dan stakeholder terkait dalam mendorong pencapaian peningkatan kerjasama fasilitas kesehatan. Menjadi sarana diskusi, berbagi pengalaman dan mencari solusi atas permasalahan yang ada.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline