Esok, Kantor Pos di Kuansing Salurkan BST Kemensos Langsung 3 Bulan

BLT7.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Mulai besok, Kantor Pos di Kuansing, Riau kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI sebesar Rp 600 ribu langsung untuk tiga bulan.

Kepala Kantor Pos Teluk Kuantan, Arif Supirman mengatakan, penerima BST dari Kemensos ini merupakan usulan terakhir dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kuansing.

"Jumlahnya ada sekitar 15 ribuan Kepala Keluarga (KK) yang akan dibayarkan oleh kantor pos, langsung dibayarkan untuk tiga bulan," ujar Arif, Selasa, 14 Juli 2020 malam.

BST dari Kemensos tersebut, kata Arif, memang serentak disalurkan mulai Rabu, 15 Juli 2020 besok. BST dari Kemensos tersebut merupakan usulan terakhir oleh Dinsos PMD. "Ini langsung dibayarkan untuk tiga bulan," katanya.

Untuk penyaluran sebelumnya tahap 1,2 dan 3, kata Arif, itu sudah selesai dilakukan oleh kantor pos. Besok itu, katanya penyaluran data terakhir yang disetujui pusat diusulkan oleh Dinsos PMD. "Totalnya lebih kurang 15 ribuan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Kuansing mengusulkan 13.626 Kepala Keluarga (KK) mendapatkan bantuan Rp 600 ribu dari Kementerian sosial (Kemnsos) RI. Data tersebut merupakan data terbaru dari hasil pendataan yang sudah dilakukan belum lama ini.

"Rencananya kemarin akan dibantu melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD kabupaten, tapi akhirnya kita alihkan agar dapat bantuan dari Kemensos," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kuansing, Napisman, Sabtu, 6 Juni 2020 lalu.

Dengan pengalihan tersebut, kata Napisman, Pemkab bisa irit lebih kurang Rp 12,2 miliar. "Ini kita hitung tiga bulan, Rp 300 ribu kita kalikan tiga bulan, kita irit sekitar Rp 12,2 miliar, kalau 13 ribu itu kita alihkan ke pusat," kata Napisman.

Dimana Pemkab Kuansing sebelumnya mengalokasi anggaran sebesar Rp 22 miliar untuk bantuan bagi warga terdampak oleh Covid-19. Bantuan tersebut untuk tiga bulan mulai April sampai Juni. Bantuan dari Pemkab Kuansing ini besarannya hanya Rp 300 ribu per bulan untuk satu KK.

Rencana bantuan BLT dari APBD Kabupaten Kuansing disalurkan untuk 25 ribu KK. Kini ada sekitar 13.626 KK diusulkan dapat bantuan Kemensos. Sehingga Kuansing bisa irit sekitar Rp 12,2 miliar.

Napis menjelaskan, berdasarkan kuota awal itu ada sekitar 10.072 KK, dan jumlahnya bertambah menjadi 27.251 KK. "Jadi nambah sekitar 17 ribu KK, cuma yang baru terpenuhi dari 17 ribu itu sekitar 13.626 KK," terangnya.