Masuk RS Karena Mata Kemasukan Serbuk Sawit, Warga Kuansing Malah Positif Covid-19

Positif-Corona.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, dr Amelia Nasrin mengumumkan tambahan satu lagi pasien konfirmasi Positif Covid-19 asal Kuansing, Senin, 22 Juni 2020.

Pasien tersebut adalah WI (34), laki-laki warga Kecamatan Sentajo Raya. Tn WI (34) merupakan pasien konfirmasi positif nomor 163 di Provinsi Riau.

"Untuk pasien konformasi positif 163 berasal dari Kecamatan Sentajo Raya, dan sekarang dirawat di RS swasta di Pekanbaru," ujar dr Amelia Nasrin, melalui keterangannya di grup aplikasi pertemanan WhatsApp Gugus Tugas, Senin, 22 Juni 2020.

Tn WI masuk RS di Pekanbaru pada 18 Juni 2020 lalu setelah hasil rapid test reaktif. "Tanggal 19 Juni 2020 kemarin dilakukan pengambilan swab," kata Amel.

Pasien ini, kata Amel, sudah dua kali dilakukan pengambilan swab. "Swab kedua tanggal 20 Juni 2020," katanya.

Tn WI ini, terang Amel, tergolong orang tanpa gejala (OTG), awalnya masuk RS karena kemasukan serbuk sawit di matanya. "Jadi tidak ada demam maupun batuk pilek," kata Amel.

Amel mengatakan, untuk tracing (pelacakan) sudah dilakukan terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan oleh Dinas kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas.

Namun ia mengaku belum mendapatkan informasi alamat pasti 20 orang hasil tracing tersebut.

"Ada 20 orang hasil tracing merupakan teman sekerjanya dan sudah dilakukan pengambilan swab," terang Amel.

Sementara untuk kontak serumah, lanjut Amel, rencana akan dilakukan pengambilan swab besok pagi (Selasa,red). "Besok pagi (Selasa,red) ada 7 orang yang akan diambil sampel swabnya," katanya.

Tn WI sendiri merupakan karyawan salah satu perusahaan sawit di Kuansing. "Ya karyawan," kata Amel