Komisi II DPRD Kuansing Apresiasi Revitalitasi Pasar Gunung

revitalisasi-pasar.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuansing, memberikan apresiasi terhadap program pembangunan Revitalisasi Pasar Gunung di Desa Gunung, Kecamatan Gunung Toar oleh Pemerintah Pusat.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi II DPRD Kuansing, Azrori Analke Apas usai turun meninjau pasar gunung bersama anggota Komisi II DPRD Kuansing, Selasa, 9 Juni 2020.

Kunjungan Komisi II DPRD Kuansing dipimpin langsung Ketua Komisi II Muslim dan sejumlah anggota Komisi serta dihadiri Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian Usaha Kecil Menengah (Diskopdagrin UKM) Kuansing, Azhar.

Azrori mengatakan, hasil peninjauan tadi pekerjaan revitalisasi pasar gunung yang dikerjakan tahun 2019 lalu sudah sesuai. Bahkan respon masyarakat terhadap dibangunnya pasar ini sangat positif.

"Dulu kita sempat prihatin melihat pasar gunung ini, sekarang bangunan los pasar ini sudah sangat bagus," puji politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kuansing ini.

Sementara Kepala Dinas Kopdagrin UKM Kuansing, Azhar mengatakan, pekerjaan proyek revitalisasi pembangunan los pasar gunung didesa Gunung ini mendapatkan pujian anggota Dewan.

"Ada 4 los yang dibangun tahun lalu menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dan satu los dibangun menggunakan insentif daerah, tadi siap hearing ditinjau Komisi II," ujar Azhar ikut turun mendampingi Komisi II DPRD Kuansing, Selasa.

Azhar menjelaskan, proyek revitalisasi pembangunan 4 los pasar gunung ini menghabiskan anggaran lebih kurang Rp 1,2 miliar bersumber dari DAK APBN 2019.

Dan satu los lagi yang dibangun menggunakan dana insentif daerah menghabiskan anggaran lebih kurang Rp165 juta. "Dari DAK itu lantainya dibangun keramik, untuk insentif daerah dibangun lantai semen," terangnya.

Tahun 2019, kata Azhar, sebenarnya ada sekitar 12 kegiatan pembangunan pasar di Kuansing. Satu kegiatan bersumber dari dana DAK dan selebihnya dananya dari Insentif daerah dianggarkan dalam APBD Kuansing 2019.

"Untuk kegiatan insentif daerah itu 12 lokasi, 11 PL dan satu lagi tender. Tender itu pasar Baserah anggarannya lebih kurang Rp 400 juta. Dan untuk DAK hanya ada satu kegiatan revitalisasi di pasar gunung," pungkasnya.