Soal Listrik Gratis, PLN Teluk Kuantan: Sudah Banyak Yang Tanya, Bagaimana Dengan Token?

logo-PLN.jpg
(INTERNET)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Soal adanya kebijakan pemerintah pusat terkait pembebasan pembayaran listrik selama tiga bulan mulai April, Mei dan Juni 2020 bagi pelanggan dengan daya listrik 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 persen bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.

Manajer PLN ULP Teluk Kuantan, Tino Lala mengaku mendapatkan banyak pertanyaan bagaimana dengan pelanggan yang menggunakan listrik prabayar token yang memiliki daya 450 VA dan 900 VA.

"Karena yang jadi pertanyaan itu yang token gimana? Kita sampaikan kepada pelanggan kita masih menunggu info lebih lanjut dari pusat, bagaimana polanya nanti yang listrik prabayar ini," kata Tino yang dihubungi Riau Online, Rabu, 1 April 2020.

Karena menurut Tino sebagian pelanggan daya 450 VA sudah menggunakan listrik prabayar token. Begitu juga pelanggan daya 900 VA yang dapat diskon 50 persen nantinya.

"Kami dapat info PLN pusat lagi mau koordinasi dengan Kementrian ESDM terkait pelaksanaannya seperti apa, kita tunggu seperti apa surat resminya".

Kebijakan menggratiskan pembayaran listrik bagi masyarakat kurang mampu ini diambil pemerintah guna mengurangi dampak ekonomi dari wabah virus corona atau Covid-19.

PLN Teluk Kuantan kini tengah menghitung berapa jumlah pelanggan yang akan mendapatkan pembebasan pembayaran listrik gratis ini. "Kita akan cek dulu terutama pelanggan yang memiliki daya 450 VA dan daya 900 VA bersubsidi," kata Tino.

Karena menurut Tino untuk pelanggan 900 VA ini ada dua pertama pelanggan 900 VA subsidi dan kedua pelanggan dengan daya 900 VA non subsidi. "Kalau subsidi boleh dibilang kurang mampu, akan kita hitung dulu," katanya.