Cek Apotek dan Pasar, Polres Kuansing : Stok Masker dan Hand Sanitizer Kosong

sidak-polres-kuansing.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kepolisian resor (Polres) Kuansing bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan dan Industri (Kopdagrin) Kuansing turun melakukan pengecekan ke pasar tradisional berbasis modern dan sejumlah apotek yang ada di kota Teluk Kuantan, Rabu, 4 Februari 2020.

Kapolres Kuansing AKBP Hengky Poerwanto melalui Kasat Reskrim Polres Kuansing AKP Andi Cakra Putra mengatakan, pengecekan ini dilakukan pertama melihat ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok masyarakat.

Dari hasil pengecekan di pasar tradisional berbasis modern harga bahan pokok masyarakat itu masih relatif stabil. Hanya ada beberapa yang mengalami kenaikan.

"Seperti gula pasir dari harga jual sebelumnya Rp 15 ribu naik menjadi Rp 16 ribu," kata Kapolres Kuansing seperti disampaikan Kasat Reskrim melalui keterangan tertulisnya yang diterima Riau Online, Rabu sore.

Sementara disampaikan Kasat, untuk stok masker dan hand sanitizer hasil pengecekan disejumlah apotek sudah kosong atau habis sejak sebulan yang lalu.

Andi mengatakan dari penjelasan pihak apotek bahwa sebelum stok kosong harga jual masker seperti merk sensi itu hanya Rp 25 ribu perkotak dan kini harganya naik menjadi Rp 300 ribu perkotak. "Itu penjelasan pihak apotek kepada kita," katanya.

Sementara Kepala Diskopdagrin Kuansing melalui Kepala UPTD Metrologi Syafrialis mengatakan, hasil pengecekan harga bahan pokok tadi hanya gula yang ditemukan naik.

Kemudian untuk masker katanya, memang sejumlah apotek tidak lagi memiliki stok masker atau kosong. "Kalau ada harganya mahal, tapi hasil pengecekan stok masker di apotek kosong," katanya.

Sidak tersebut langsung dipimpin Kapolres Kuansing, AKBP Hengky Poerwanto didampingi Kasat Reskrim Polres AKP Andi Cakra Putra, Kasat Intelkam Polres Iptu Riand Samudro, Unit Ekonomi Sat Intelkam dan Tim Sat Reskrim Polres.

Sementara dari Dinas ikut turun Kepala UPTD Metrologi Syafrialis, sejumlah Kasi dan staf Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan dan Industri Kuansing.

Giat pengecekan ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok masyarakat disalah satu pasar terbesar di Kuansing ini dan pengecekan ketersediaan bahan medis stok masket dan hand sanitizer di sejumlah apotek dimulai sekitar pukul 10.30 WIB dan selesai sekitar pukul 11.30 WIB.