Minta Dibangun Sekolah Baru, Disdikpora Kuansing: Siapkan Lahan Setengah Hektar

sartian.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO 

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Menindaklanjuti permintaan masyarakat agar dilakukan pembangunan sekolah baru berupa Sekolah Dasar (SD) di beberapa desa di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kuansing melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Sartian mengatakan, untuk usulan pembangunan sekolah baru diminta kepada pemerintahan desa dan masyarakat untuk mempersiapkan lahan seluas lebih kurang setengah hektar.

"Pertama itu ketersediaan lahan dan minimal lahan yang dipersiapkan setengah hektar," kata Sartian saat acara Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan Cerenti belum lama ini.

Disampaikan Sartian, pembangunan sekolah baru nanti pemerintah tidak hanya membangun ruang kelas semata, tapi sekolah baru nanti pemerintah tentunya juga akan membangun mulai ruang guru, pustaka, labor hingga toilet disekolah baru tersebut.

"Jadi minimal ketersediaan lahan untuk sekolah baru setengah hektar, ini berkaitan dengan permintaan pembangunan sekolah baru," katanya lagi.

Sebelumnya Kepala Desa Kampung Baru Timur, Kecamatan Cerenti, Zulheri menyampaikan usulan agar di desanya dibangun sebuah gedung sekolah baru berupa SD.

"Dikampung kami (Kampung Baru Timur,red) belum ada bangunan sekolah berupa SD pak Bupati, mohon tahun depan ini bisa dibangun sehingga anak-anak kami semakin dekat menempuh pendidikan," katanya.

Permintaan yang sama juga pernah disampaikan oleh masyarakat Desa Koto Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya. Berhubung ada dua sekolah yang berdekatan berada di Desa Koto Sentajo bagian bawah.

Warga Desa Koto Sentajo minta pemerintah supaya bisa melakukan pemindahan satu sekolah ke bagian atas atau berdekatan dengan kantor Kecamatan.

"Untuk lahan pembangunan sekolah baru berupa SD, lahannya sudah ada dekat dengan kantor Kecamatan," kata seorang warga saat acara Musrenbang di Kecamatan Sentajo Raya belum lama ini.