Sosok Pendamping Mursini Pada Pilkada Kuansing 2020, Ini Kriterianya

mursini-bupati-kuansing.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Soal sosok siapa calon wakil yang akan mendampinginya maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kuansing Tahun 2020. Mursini ternyata memiliki beberapa kriteria.

Pertama sosok wakil yang dinginkannya nanti tentunya bisa membantu menjalankan roda pemerintahan. Kemudian memiliki jiwa lobi yang tinggi.

Artinya sosok calon wakil nanti tidak hanya terfokus pada anggaran yang sudah ada di daerah, tapi mampu berjuang melobi anggaran dari pusat untuk pembangunan di daerah.

Kemudian calon pendampingnya nanti juga harus memiliki akses dan jaringan yang bagus baik di tingkat Provinsi maupun tingkat pusat.

"Pastinya sejalan dan bersama-sama membangun daerah ini," ujar Mursini saat ditemui RIAUONLINE.CO.ID, Jumat kemarin.

Saat ditanya apakah sudah menentukan siapa yang akan menjadi calon wakil pada Pilkada nanti, Mursini mengatakan, hingga kini memang belum.

Ia mengatakan, siapa yang akan menjadi pendamping maju pada Pilkada nanti selain ditentukan hasil survei juga ditentukan masukan dari partai dan masyarakat.

Untuk sementara dari hasil survei sudah ada tiga calon kandidat kuat yang akan mendampinginya maju pada Pilkada nanti menjadi calon wakil.

Namun Mursini enggan menyampaikan siapa saja tiga kandidat yang masuk bursa menjadi calon wakil tersebut.

Apakah calon pendampinginya nanti turut dibebankan mencari partai politik?, pasalnya saat ini PPP hanya memiliki empat kursi di DPRD Kuansing. Apabila Mursini kembali maju maka harus menjadi tambahan tiga kursi lagi.

"Kalau itu tentu nanti bersama-sama mencari tambahan Parpol untuk melengkapi jumlah kursi bisa maju di Pilkada," katanya.

Apakah Indra Putra? Mursini hanya tersenyum namun tidak juga memberi jawaban pasti. Pasalnya kini sosok Indra Putra digadang-gadang menjadi sosok kuat yang akan mendampingi Mursini maju pada Pilkada Kuansing nanti.

Tapi baru-baru ini nama Gusmir Indra atau yang akrab disapa Indrako yang merupakan politisi Partai Gerindra juga dikait-kaitkan akan menjadi calon wakil untuk Mursini.

Menanggapi hal itu, Mursini mengatakan memang ada yang mengusulkan agar berpasangan dengan Indrako.

Hingga kini Mursini masih belum mau membeberkan siapa yang akan menjadi calon wakilnya maju pada Pilkada Kuansing 2020.

"Bisa saja nanti sebulan sebelum pendaftaran kita umumkan," katanya sembari tersenyum.

Sesuai tahapan untuk pendaftaran pasangan calon Bupati dan calon Wakil bupati akan dibuka selama tiga hari dimulai 16-18 Juni 2020.

Sementara penetapan akan dilakukan pada 8 Juli 2020. Sebelum dilakukan penetapan tentunya syarat pasangan calon bupati dan calon wakil ini akan diteliti terlebih dulu.