Juprizal Apresasi Warga Air Buluh Kuantan Mudik Tanam Pohon Kayu Jalur

kayu-jalur.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Juprizal memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Air Buluh, Kecamatan Kuantan Mudik peduli akan tradisi dan budaya pacu jalur.

Meskipun desa ini berjarak puluhan kilometer dari tepi Sungai Kuantan dan tidak memiliki jalur sama dengan desa lainnya yang ada di Kuansing.

Namun desa ini tetap ikut melestarikan budaya pacu jalur dengan cara menanam bibit pohon untuk bahan baku jalur nantinya. Jenis bibit pohon yang ditanam juga beragam mulai meranti, kruing, kulim, balam dan lainnya.

"Kita apresiasi apa yang sudah dilakukan masyarakat Desa Air Buluh ini," ujar Juprizal, Selasa, 17 Desember 2019.

Selain menanam bibit pohon untuk kayu jalur, masyarakat di Desa Air Buluh juga menetapkan aliran Sungai Air Buluh sebagai Lubuk Larangan.

Ada puluhan ribu ekor bibit ikan yang ditebar di Sungai Air Buluh. Bibit ikan tersebut selain berasal dari bantuan perusahaan juga berasal dari bantuan Dinas Perikanan Kuansing.

"Semoga apa yang sudah dilakukan masyarakat di Desa Air Buluh bisa juga dilakukan oleh masyarakat lainnya di Kuansing," ujar Ketua Partai Gerindra Kuansing ini.

Politisi Partai Gerindra Kuansing ini juga ikut langsung melakukan penanaman bibit pohon yang sudah disiapkan oleh pemerintahan desa disalah satu lahan milik desa.

Bahkan Juprizal yang didampingi anggota DPRD Kuansing Gusmir Indra juga ikut menabur benih ikan ke Sungai Air Buluh. "Ini akan di panen satu tahun sekali," katanya.

Sementara Kepala Desa Air Buluh Ardian mengatakan, bibit kayu jalur tersebut ditanam dilahan seluas 6 hektar. Sebagian lahannya merupakan lahan milik desa dan sebagian lagi dilahan masyarakat.

"Tidak hanya kayu jalur, tapi ada juga jenis pohon yang ditanam seperti jengkol, tampui dan lainnya," kata Ardian.

Kemudian untuk Lubuk Larangan sendiri ujarnya, itu ada sekitar 30 ribu benih ikan yang ditabur. "Jenis ikan ada Toman, Ikan Emas, Ikan Baung dan jenis lainnya," pungkasnya.

Acara penanaman bibit pohon untuk kayu jalur dan penebaran benih ikan di Lubuk Larangan di Desa Air Buluh digelar, Senin, 16 Desember 2019.