Beredar Foto Salam Komando Tengku Mukhtaruddin-RZ

Tengku-Mukhtaruddin-Rusli-Zainal.jpg
(ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Foto Calon Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Tengku Mukhtaruddin sedang salam komando dengan mantan Gubernur Riau, 2003-2013, Rusli Zainal, beredar di masyarakat. Foto tersebut juga diterima RIAUONLINE.CO.ID, Kamis (30/7/2015). 

 

Dari foto yang diterima tersebut, Bupati Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) itu mengenakan baju kemeja berwana kecoklatan dengan motif garis.

 

Sedangkan Gubernur Riau Periode 2003-2013, Rusli Zainal, mengenakan kemeja warna biru dan putih. Ada kesamaan keduanya, sama-sama memakai kaca mata. Informasi diperoleh, kunjungan Tengku Mukhtaruddin terjadi Rabu (29/7/2015) lalu. 

 

(Klik Juga: Bupati Yopi Tampar Wartawan di Laman PWI Riau

 

"Dilihat dari konteks, apakah ada pendekatan politik guna meminta dukungan politik, atau hanya momentum saja lalu dikait-kaitkan dengan Pemilukada," kata Pengamat Hukum Tata Negara, Mexsasai Indra, menanggapi pertemuan tersebut. 

 

Informasi yang RIAUONLINE.CO.ID terima, foto salam komando TM-RZ, singkatan nama keduanya, terjadi pada hari Rabu (29/7/2015) lalu. Ketika itu, TM berkunjung sambil silaturahmi dengan mendatangi mantan Ketua DPD Golkar Riau tersebut di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Pekanbaru. 

 

"Hukum bicara realitas, tidak ada melarang itu pertemuan kedua tokoh tersebut. Justru ini menjadi masalah bagi calon (TM) jika pemilih Inhu itu rasional. orang bisa beranggapan kenapa sowan ke orang berstatus napi," kritik doktor lulusan Universitas Padjajaran tersebut. 

 

Walau demikian, Mexsasai mengakui, Rusli Zainal masih memiliki pengaruh politik di Provinsi Riau. Itu disadari oleh pasangan calon yang bertarung di masing-masing daerah di Riau. 

 

Tengku Mukhtaruddin mengambil keputusan tidak lagi mencalonkan sebagai Bupati Kepulauan Anambas dan ia cukup satu periode saja memimpin di kabupaten pemekaran tersebut sejak 2010 silam. 

 

(Klik Juga: Kadang Saya Lempar Aqua dengan Bupati Yopi

 

"RZ (masih) miliki pengaruh politik di Riau, meskipun hak asaainya dibatasi. Namun itu tidak signifikan dalam pilihan warga. Banyak sisi negatif dibandingkan positifnya," analisanya. 

 

Mantan Camat Pasir Penyu tersebut menggandeng istri almarhum AKBP Susilowadi, Aminah, guna berpasangan dengan dirinya. Tengku Mukhtaruddin pernah menjabat Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov Riau akhir pemerintahan Saleh Djasit dan diawal Rusli Zainal terpilih sebagai guberur Riau 2003 silam. 

 

Setelah itu, ia pindah menjabat posisi serupa di Pemprov Kepulauan Riau sebelum akhirnya menjabat Bupati Kepulauan Anambas, 2010 lalu. 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline