Sejumlah Orang Tua Murid Sudah Tandatangani Pernyataan Belajar Tatap Muka

Belajar-tatap-muka6.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejumlah orang tua mempertanyakan kepastian belajar tatap muka di sekolah awal tahun 2021. Ada di antara orang tua sudah menandatangani pernyataan untuk belajar tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas menegaskan, pihaknya belum memberi arahan teknis perihal belajar tatap muka. Apalagi memerintahkan agar peserta membuat surat pernyataan untuk belajar tatap muka.

"Belum ada, kita belum arahkan. Itu mereka sendiri mungkin," jelasnya, Rabu 23 Desember 2020.

Ada kemungkinan yang membuat surat pernyataan dari orang tua adalah sekolah swasta. Ia mengaku hingga kini belum ada kebijakan pasti dari pemerintah pusat terkait rencana belajar tatap muka di masa pandemi Covid-19.

Ismardi mengingatkan agar seluruh sekolah di Kota Pekanbaru tetap disiplin ikuti protokol kesehatan. Tim dinas masih melakukan survei ke seluruh sekolah terutama SD dan SMP.

Mereka melihat langsung kesiapan protokol kesehatan. Proses survei menanti petunjuk teknis dari pemerintah pusat. Pihaknya bersama Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 nantinya membagi wilayah sekolah sesuai zona rawan penularan Covid-19.

"Sampai saat ini teknisnya belum dikirim ke kita, petunjuknya seperti apa. Tapi konsepnya disesuaikan dengan daerah masih-masing," ujarnya.

Pemerintah kota bakal mengatur jadwal belajar tatap muka di sekolah swasta dan negeri. Ia menyebut peserta didik bisa datang ke sekolah atas izin dari orangtua.

Pihak sekolah tidak memaksa peserta didik untuk belajar di sekolah. Orangtua yang tidak mengizinkan bisa lanjut mengikuti belajar jarak jauh atau kelas online.