Sigit Yuwono Kesal Pemko Tak Becus Urusi Sampah di TPA Muara Fajar

Sigit-Yuwono3.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar bertumpuk di pinggir jalan, sedangkan di bagian tengah-tengah TPA kosong.

Terkait hal ini, DPRD Kota Pekanbaru menilai Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tak sanggup menangani tumpukan sampah di TPA Muara Fajar.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono mengatakan, pihaknya menilai Pemko tidak sanggup menangani sampah, maka sebaiknya menyerahkan pengelolaan sampah kepada pihak ketiga.

Sigit berujar, pihaknya sudah melakukan inpeksi mendadak (sidak) ke TPA Muara Fajar beberapa waktu lalu. Sampah menumpuk di jalanan, sedangkan di bagian tengah TPA masih kosong. Hal ini dikarenakan, sampah hanya dibongkar dipinggir jalan, kemudian dinaikan ke dalam TPA, lalu didorong ke dalam.

“Itu gara-gara alat Pemko rusak. Alatnya Cuma dua dan satunya rusak,” katanya kepada wartawan.

Politisi Partai Demokrat ini juga mengatakan, pihaknya juga mendengar keluhan dari masyarakat setempat terkait sampah yang menumpuk di jalanan sekitar TPA Muara Fajar ini.

Makanya Pemko harus memiliki kebijakan jangka panjang dan kebijakan jangka pendek, tapi jika memang tidak sanggup, sebaiknya Pemko memberikan mandat kepada pihak ketiga.

“Tak akan mampu Pemko kelola TPA, karena alat dipakai satu hari, rusaknya seminggu. Akhirnya menumpuk lagi, ngantri lagi,” ujarnya.

Selain itu, Sigit mengatakan, sampah itu cerminan Kota Pekanbaru. Kalau masalah sampah ini saja tidak bisa dibereskan Pemko, gimana Pekanbaru akan bersih.