Terdampak Pandemi, Seniman Riau Bikin Wadah Lindungi Seniman

ASERI.jpg
(ASERI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Asosiasi Seniman Riau (ASERI) merupakan suatu lembaga perkumpulan seniman Riau yang memiliki legalitas.

Bermula dari kesadaran terhadap kondisi para seniman Riau yang terdampak karena pandemi Covid-19 maka dibentuklah ASERI pada bulan Juli 2020.

“Seniman Riau terdampak langsung dari pandemi,” kata Marhalim Zaini, Ketua ASERI.

Pasalnya, terhentinya regulasi pasar seni seperti kegiatan formal, adat, budaya, maupun pariwisata yang melibatkan seniman menggerakan jiwa solidaritas seniman Riau untuk membentuk wadah pergerakan.

Namun, ASERI dibentuk tidak hanya untuk mengatasi permasalahan seniman akibat pandemi. Tetapi, program atau kegiatan ditujukan untuk keberlanjutan dunia seni dan seniman Riau dalam jangka panjang.

Berdirinya ASERI dimaksudkan untuk advokasi seniman, memperluas jaringan kerja dan meningkatkan kesejahteraan seniman Riau.

ASERI memiliki tiga kategori keangggotaan yaitu anggota biasa, anggota luar biasa dan anggota  kehormatan.

Saat ini ASERI memiliki 176 anggota biasa. Anggota biasa adalah seniman yang berdomosili di Riau dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Riau serta terdaftar sebagai anggota ASERI.

Untuk anggota luar biasa maksudnya adalah seniman mestro (pengabdi seni) yang ditetapkan langsung oleh pengurus ASERI.

Anggota luar biasa juga berdomisili di Riau dan terdaftar sebagai keanggotaan ASERI serta mendapatkan donasi tiap bulan dari program ASERI.

“Yang sudah tercatat ada 10 orang anggota luar biasa,” katanya.

Sedangkan anggota kehormatan merupakan tim pendiri ASERI dan tokoh yang ditetapkan oleh pengurus ASERI. Anggota kehormayan dapat diusulkan oleh pengurus dengan ketentuan seniman domisili dan memiliki KTP Riau serta terdaftar sebagai anggota ASERI.

Adanya ASERI menunjukkan kuatnya solidaritas seniman di Riau untuk saling peduli dan mendukung satu sama lain.

 

Terbentuknya ASERI diharapka mampu membuat perubahan bagi dunia seni Riau untuk dapat meningkatkan kesejahteraan seniman Riau.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang ASERI bisa langsung kunjungi www.aseri.or.id