Tak Cuma Manusia, Kucing Juga Butuh Divaksin, Ini 3 Jenisnya

Kucing-Munchkin.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Vaksin digunakan untuk pencegahan terjangkit suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Bukan hanya manusia, vaksinasi ternyata juga harus dilakukan kepada kucing.

Vaksin utama pada yang harus diberikan kepada kucing ada 3 jenis. Pertama yaitu vaksin untuk menghindari penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Virus yang menyebabkan penyakit pada pencernaan ini yaitu panleukopenia.

 

 

“Penyakit pada pencernaan ini biasanya sudah bisa menyerang saat kucing berumur 1,5 bulan hingga umur dewasa,” ujar Agus Syafiq Riyadi, Doker Hewan di Klinik Hewan Drh Agus Syafiq Riyadi.

Kedua, vaksin diberikan pada kucing untuk pencegahan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini disebabkan oleh Rhinotracheitis dan tidak bisa sembuh.

“Penyakit ini seperti penyakit asma pada manusia,” katanya.

Penyakit pernapasan ini akan mempengaruhi indra penciuman kucing. Sehingga ketika indra penciumannya rusak kucing tidak mau makan lalu akan menyebabkan kematian.

“Untuk makan kucing menggunakan indra penciuman, ketika tidak bisa digunakan maka kucing akan mati,” jelasnya.

Vaksin ketiga yaitu pencegahan terhadap penyakit disebabkan oleh Calicivirus. Penyakit ini menyerang bagian pernapasan dan telinga.

“Gejala yang terjadi telinganya buruk, pernapasan tidak baik, besin-bersin, matanya berair, lidahnya juga terganggu sehingga kucing tidak bisa makan,” katanya.

Kucing kecil atau berumur lebih muda akan lebih rentan terserang penyakit sebab masih memiliki daya tahan tubuh lebih rendah dibanding kucing dewasa. Sehingga potensi kematian kucing kecil akan lebih tinggi.

Agus sebagai dokter hewan menyarankan agar vaksin dimulai sejak kucing berumur 2 bulan.

Jika ingin berkonsultasi tentang kesehatan hewan peliharaan Anda bisa langsung ke Klinik Hewan Drh Agus Syafiq Riyadi di Jalan Kandis no.13, Tangkerang Utara atau Jalan Teratai no.206B, Sukajadi, Pekanbaru, Riau.