Mengagumkan, Ini Fungsi Trunarch, Alat Baru yang Canggih Milik Polda Riau

Trunarch.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Polda Riau miliki alat canggih dalam membantu petugas lakukan penyelidikan tindak pidana, Jumat, 6 November 2020.

Anggota Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau pamerkan alat canggih dalam membantu petugas dalam menyelidiki kasus tindak pidana.

Pertama, alat digitalisasi, berfungsi dalam mencari seseorang berdasarkan nama dan sidik jari.

Selanjutnya, Ditreskrimum Polda Riau juga memiliki alat Identifikasi Portable System (IPS), alat ini membantu penyidik dalam melacak seseorang yang terlibat tindak pidana berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dimilikinya.

Petugas memasukkan data NIK kemudian akan muncul identitas, sidik jari, serta nomor Kartu Keluarga yang bersangkutan.

Tidak sampai disitu, Penyidik Ditreskrimum Polda Riau juga dilengkapi dengan Alat Identifikasi Wajah, membantu petugas mengenali wajah, sekaligus membantu saksi mata memberikan informasi rupa seseorang yang melakukan tindak pidana berdasarkan ingatannya.

Ada juga Trunarch. Trunarch berfungsi untuk mengecek apakah zat tersebut mengandung narkoba.

 

"Alat yang kita dapat dari sumber pajak masyarakat Riau, akan akan kita gunakan dan manfaatkan untuk menelusuri jejak bandar narkoba," ucap Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi di aula Satbrimobda Riau.

Diharapkan dengan penggunaan alat canggih ini dapat meningkatkan kinerja petugas dalam memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat.