Jelang Akhir Tahun, Azwendi Minta Pemko Perketat Pengawasan Antisipasi Covid-19

Tengku-Azwendi-Fajri9.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU – Menjelang libur natal dan akhir tahun sekaligus jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), DPRD Kota Pekanbaru minta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk lebih meningkatkan pengawasan protokol kesehatan agar tidak terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri mengatakan, mulai dari November ini, Pemko diminta mempersiapkan langkah mengantisipasi penambahan kasus positif Covid-19.

Wendi menyarankan, Pemko bisa membuat Peraturan Walikota (Perwako) atau surat edaran yang mengikat untuk tim agar turun mengawasi aktivitas masyarakat dilibur akhir tahun. 

Politisi Partai Demokrat ini mengungkapkan, libur panjang di akhir tahun 2020 ini diprediksi bakal ada peningkatan aktivitas keluar masuk baik di dalam dan di luar Kota Pekanbaru.

“Perlu adanya pengawasan ekstra di pintu-pintu masuk untuk memastikan protokol kesehatan tetap dijalani sebagaimana mestinya,” katanya.

Selain itu, Wendi juga meminta kepada Pemko untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) guna mengatur strategi agar tidak terjadinya kenaikan angka positif Covid-19.

Tak hanya kepada pemerintah, Wendi berharap masyarakat juga tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Pemerintah dan masyarakat tak boleh lengah dan tetap harus patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.