Modal Rp 300 Ribu Hasil Pinjaman, Fifi Kini Punya Karyawan dan 200 Reseller

Fifi-Fradina.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Fifi Fradina, seorang perempuan dengan dua anak ini memiliki beberapa bisnis yang ia buka di garasi rumahnya. Selain berbisnis secara offline, Fifi juga mengembangkan bisnisnya di instagram dan marketplace.

Adapun bisnis yang tengah digarap perempuan 24 tahun ini adalah @fradinasyari, @moeslimahcare.id, @berlbeauty.id, @albanastore.id, dan @ziyaabeauty.id. Ada beragam bisnis yang memang tengah dijalankan Fifi, tapi ada beberapa bisnis yang mati suri, seperti @fradinasyari.

 

 

Jatuh bangun berbisnis sejak masih duduk di bangku sekolah membuat seorang Fifi tahan banting dan tidak mudah menyerah. Karena hal ini pulalah, Fifi membagikan tips berbisnis ala dirinya.

Tips pertama, niat dan tindakan. Kalau sesuatu, apapun itu termasuk usaha, jika tidak dibarengi niat, ya tidak akan berjalan juga. Niat yang utama. Kalau pengen jadi pengusaha, berarti ini sudah ada niat, maka harus dibarengi langkah selanjutnya, yakni tindakan.

“Niat tanpa tindakan, hasilnya nihil,” katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID.

Tips kedua, berapapun modalnya, jalanin aja dulu. Fifi sendiri memulai bisnis masker wajah, pada awalnya bermodal Rp 300 ribu yang ia pinjam dari orang tuanya pada Mei 2018 lalu. Dengan Rp 300 ribu itu, Fifi menjadi reseller untuk beberapa brand masker wajah.

“Seiring berjalannya waktu, kemudian jadi agen, lalu distributor. Kita megang beberapa brand juga. Ada yang jadi distributor, ada yang masih jadi reseller,” ujarnya.

Tips ketiga, konsisten. Ini termasuk tips penting, karena tanpa adanya kekonsistenan, bisnis tidak akan berjalan sebagaimana yang diingikan. Jadi harus konsisten promosi, konsisten sharing, dan konsisten-konsisten lainnya.

Tips keempat, tidak putus asa. Berbagai rintangan dihadapi Fifi saat berbisnis, salah satunya saat dirinya harus mengantarkan paket disaat hujan turun. Tapi semua rintangan tak membuat perempuan yang tengah menyelesaikan Strata Satunya ini menyerah begitu saja.

Justru Fifi semakin semangat dan tertantang untuk terus mengembangkan bisnisnya. Kini, bisnis yang sudah dijalankannya dua tahuanan ini memiliki dua karyawan, 200 reseller, dan 30-an agen dibawah naungan dirinya.

 

“Sembilan dari pintu rezeki itu didapatin dari bisnis. Jadi harus terus semangat dalam mengembangkan bisnis buat yang lagi berbisnis,” pungkasnya.