Sosialisasikan Pilkada ke Warga Suku Akit, KPU Tempuh Waktu 8 Jam dari Pekanbaru

KPU-Riau5.jpg
(KPU Riau)

RIAUONLINE, PELALAWAN - Guna mengupayakan pemaksimalan suara di Pilkada serentak 2020, KPU Riau melakukan sosialisasi ke sejumlah komunitas masyarakat yang minim mendapat paparan informasi Pilkada. 

 

Salah satu sosialisasi tersebut dilakukan komunitas suku Akit di Pelalawan pada Minggu, 1 Oktober 2020 kemarin. 

 

 

 

Perjalanan sekitar delapan jam dari Pekanbaru harus ditempuh Komisioner KPU, Nugroho Notosusanto agar dapat sampai ke Dusun Tanjung Medan Desa Teluk Kec Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.

 

Nugie yang hadir bersama Komisioner KPU Pelalawan, M. Aris mengaku disambut baik dan masyarakat sangat antusias dengan sosialisasi tersebut.

 

"Masyarakat Suku Akit sangat antusias dengan kehadiran tim KPU Riau dan KPU Pelalawan. harapan saya Masyarakat Akit juga antusias untuk mencoblos pada 9 Desember 2020 nanti" ujarnya kepada awak Media Minggu malam, 1 Oktober 2020. 

 

Hal senada disampaikan Kepala Dusun (kadus) Tanjung Medan, Ali PS yang mengajak Masyarakat Akit untuk berbondong-bondong mencoblos.

 

"mari sama sama kita menyucuk (mencoblos) pada 9 Desember 2020. Jangan lupa kita selalu bawa Masker", ujarnya.

 

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan tentang tahapan pemilihan 2020 yang berlangsung, tata cara pencoblosan di TPS, hingga bagaimana prosedur protokol kesehatan di TPS.

 

Diketahui Masyarakat Akit di desa Tanjung Medan ini termasuk suku pedalaman yang memang menjadi target sosialisasi KPU Riau dan KPU Pelalawan. 

 

 

Secara umum terlihat demografi suku Akit ini cukup plural dengan adanya pemeluk islam, Kristen ada budha ada hindu dan aliran kepercayaan. Sementara Mata pencarian pokok Masyarakat Akit adalah nelayan dan bertani.