Tips Sukses Lakukan Pemijahan Ikan Cupang di Rumah

ikan-cupang.jpg
(kabartani.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Salah satu yang lagi trend saat ini adalah memelihara ikan cupang. Tujuan masyarakat memeliharanya ini beragam, mulai dari hoby, untuk hiasan, hingga sampai beternak ikan cupang.

Penjual ikan cupang, Fredi mengatakan, dirinya tidak hanya menjual ikan cupang saja. Lelaki yang memakai kaus putih itu berujar, dirumahnya, ia juga beternak ikan cupang.

Memilih ikan cupang sebagai ladang bisnis bagi lelaki yang masih duduk dibangku kuliah ini karena alasan, ia menyukai ikan cupang sejak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

 

“Dulu hoby. Semenjak pandemi, jadi nyoba beternaknya, trus dijual,” katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID.

Pada awalnya, Fredi mengaku membeli indukan ikan cupang betina dan jantan untuk diternakkan dengan total harga Rp 3 juta. Memilih indukan cupang yang akan dikawinkan tidak boleh sembarangan. Untuk ikan cupang jantan harus berumur empat hingga delapan bulan dengan bentuk panjang.

“Ikan cupang betina berumur tiga hingga empat bulan dengan bentuk badan membulat. Dibagian perutnya sedikit buncit,” ujarnya.

Dalam proses pengkawinan, ada yang namanya pemijahan. Pemijahan sendiri merupakan proses pengeluaran sel telur oleh induk betina dan sperma oleh induk jantan yang kemudiaan diikuti dengan perkawinan.

Untuk proses pemijahannya, Fredi menjelaskan, pertama, isi tempat pemijahan dengan air bersih setinggi 10-15 cm. Kedua, tempat pemijahan itu diisi dengan tanaman air, tapi tidak terlalu padat.

Langkah ketiga, masukan ikan cupang jantan dan biarkan selama sehari di dalam tempat pemijahan. Tunggu sampai ikan cupang jantan membuat gelembung. Setelah ikan cupang jantan membuat gelembung, langkah keempat, masukan ikan cupang betina.

“Langkah kelima, tutup tempat pembuahan dengan koran karena ikan cupang cukup sensitif ketika kawin,” kata Fredi.

Langkah keenam, setelah terjadi pembuahan, angkat ikan cupang betina. Ikan cupang jantan akan memunguti telur yang telah dibuahi dan meletakkannya pada gelembung-gelembung yang sudah dibuatnya.

Selanjutnya, ketujuh, saat telur sudah menjadi burayak, tiga hari kedepan tidak perlu dikasih makan. Setelah tiga hari baru dikasih pakan. Ikan cupang jantan baru diambil dari wadah pembuahan setelah dua minggu.

“Setelah 1,5 bulan, burayak sudah menjadi ikan cupang kecil,” pungkasnya.