Buruan Daftar, Komunitas 1000 Guru Berikan Kesempatan untuk Bergabung

1000-Guru4.jpg
(Hidayatul Fitri/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Komunitas 1000 Guru merupakan komunitas sosial yang bergerak di bidang dan pendidikan. 

 

Komunitas ini membuka kesempatan kepada volunteer (relawan) yang ingin bergabung dalam kegiatan Travelling & Teaching.

 

Kegiatan ini berupa mengajar di daerah pedalaman dan melakukan jalan-jalan untuk mengenal budaya. 

 

Ketentuan untuk menjadi volunteer harus berjiwa sosial tinggi dengan usia 18-35 tahun.

 

 

 

“Kalau di bawah 18 tahun kita takutnya sulit mendapatkan izin orangtua sebab harus menginap saat kegiatan,” ungkap Rose, Ketua 1000 Guru reginal Riau.

 

Tahap awal menjadi volunteer harus mengisi formulir biodata dan alasan ikut kegiatan. Dari formulir yang terkumpul maka akan diseleksi oleh 1000 Guru.

 

Volunteer akan dikenakan biaya pendaftaran yang akan digunakan untuk akomodasi selama kegiatan berlangsung. Jumlah volunteer yang bergabung biasanya 10-15 orang.

 

Selian itu, komunitas yang mulai dikenal dari media sosial ini terus menjaga eksistensi di berbagai media sosial berbeda dan melalui menghadiri undangan siaran radio serta televisi.

 

Untuk menunjang eksistensi komunitas 1000 Guru biasanya mendemokan literasi dengan menyediakan taman baca saat CFD (Car Free Day).

 

“Kegiatan ini bisa sekalian menginfokan ke masyarakat bahwa kami itu ada sebagai penyalur donasi untuk sekolah-sekolah yang butuh bantuan,” ujarnya. 

 

Misi mulia mereka ingin benar-benar bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

 

 

 

“Kami ingin orang tau bahwa kami bukan sekedar jalan-jalan tetapi kami juga menyebarkan manfaat untuk orang lain,” ungkapnya.