Pemko Penuhi Kebutuhan Pangan Pasien Positif Covid-19 yang Kurang Mampu

isolasi-mandiri.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Hingga Selasa 13 Oktober 2020, pasien positif Covid-19 totalnya 5.226 orang. Ada 79 penambahan kasus positif dalam sehari.

 

Sebanyak 48 orang masih isolasi mandiri aktif. Sedangkan 93 orang sudah selesai isolasi mandiri.

 

Pemerintah kota (Pemko) pun terus memberi edukasi kepada masyarakat. Ia menilai upaya ini untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat mengikuti protokol kesehatan.

 

 

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyebut bakal memberi perhatian khusus kepada pasien positif Covid-19 yang kurang mampu.

 

Pemko bakal memenuhi kebutuhan pangannya saat pasien tersebut merupakan kepala keluarga.

 

"Kita berupaya memberikan bantuan sosial, kepada pasien positif yang kurang mampu. Tidak seperti yang lalu," jelasnya, Selasa 13 Oktober 2020.

 

Firdaus juga menegaskan segera membuat Peraturan Wali Kota (Perwako) Pekanbaru untuk mempertegas kebijakan isolasi bagi pasien positif Covid-19.

 

"Kita akan pertegas dengan Perwako, jadi isolasi di tempat yang disediakan tidak cuma disarankan saja. Tapi wajib," tegasnya.

 

Menurutnya, isolasi mandiri di rumah memang harus memenuhi syarat bisa menerapkan protokol kesehatan mencegah Covid-19. Namun hal itu tidak bisa menjadi jaminan pasien tersebut disiplin.

 

 

Mereka wajib isolasi di tempat yang disediakan pemerintah. Ia mengaku puskesmas mengalami kendala dalam menangani pasien yang isolasi mandiri.