Berbekal Tusuk Gigi, Tiga Pria Ini Bobol Puluhan ATM Nasabah Bank

pembobol-atm.jpg
(madi)

Laporan: RAHMADI DWI

RIAUONLINE-PEKANBARU - Kepolisian Sektor Tampan, meringkus komplotan pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan modus ganjal mesin ATM, Jum’at, 18 September 2020.

Berbekal rekaman kamera CCTV dari gerai ATM, polisi dapat dengan mudah menangkap tiga pelaku berinisial AD, D, dan RK, di Jalan Purwodadi, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

“Saat proses penangkapan, tersangka berusaha melawan petugas untuk melarikan diri sehingga kita lakukan tindakan tegas dan terukur,” ungkap Kapolsek Tampan, Kompol Hotmartua Ambarita.

Dari hasil interogasi, tersangka mengganjal mesin ATM dengan menggunakan tusuk gigi sehingga kartu ATM tidak bisa masuk ke dalam mesin ATM.

Melihat korban yang kebingungan, pelaku berpura-pura membantu Korban, kemudian pelaku mengarahkan korban mengikuti petunjuk pelaku dengan cara menempelakan kartu di bagian e-money mesin ATM hingga terterta masukkan nomor pin.

Setelah korban pergi mencari mesin ATM lain, pelaku AD, yang memiliki kartu ATM korban, kemudian menguras isi saldo ATM milik korban.

“Pelaku merupakan spesialis pembobol ATM Bank Mandiri, dan telah beraksi lebih dari 25 TKP,” ucap Kompol Ambarita.

Total keseluruhan yang didapatkan pelaku dari membobol ATM lebih dari Rp 86 juta, uang hasil kejahatan digunakan untuk membeli rumah dan kehidupan mereka sehari-hari.

Dari penangkapan, petugas menyita 1 unit mobil Toyota Avanza, 24 Kartu ATM berbagai bank, serta potongan tusuk gigi.

Ketiga pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.