Lontarkan Pernyataan Keras, dr Indra Yovi: Jangan Jadi Orang Idiot, Singgung Siapa?

dr-Indra2.jpg
(pekanbaru.go.id)

Laporan: WAYAN SEPIYANA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kasus Covid-19 di Provinsi Riau naik tajam. Per hari Jumat, 11 September 2020, ada penambahan 183 kasus positif. Hampir 200 kasus penambahan perharinya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi, menyampaikan, apa yang dibutuhkan Indonesia, dan Provinsi Riau ?

"Kita membutuhkan leadership, orang yang smart, jangan jadi orang idiot," kata dr Indra Yovi, saat konferensi pers, Jumat, 11 September 2020, di Gedung Daerah Balai Serindit Pekanbaru.

dr Indra Yovi, mewakili dokter, dan tenaga kesehatan, memohon agar pemerintah kota dan kabupaten membantu, dalam membuat kebijakan.

"Bertindak tegas, bukan lagi retorika, tapi aksi," ujarnya, dengan gestur tubuh dan gimik yang khawatir.

Ia memintak, agar membuat kebijakan yang tegas, dan agresif, seperti membuat orang wajib pakai masker, menghindari kerumunan.

"Pemerintah, mohon bantu kami tenaga medis," ucapnya

Dalam hal ini, pemerintah provinsi sudah memberikan alur. Wilayah di kabupaten/kota itu merupakan daerahnya masing-masing.

"Kalau tidak ada, yang punya kebijakan itu dari kabupaten kota, provinsi cuman memberikan alur," pungkasnya.

Indra Yovi kemudian, memberikan contoh cerita tentang, bagaimana seorang leadership yang smart. Ia melanjutkan, contohnya di Amerika Serikat (AS) punya Presiden Donald Trump. Kemudian, New York punya Gubernur Andrew Cuomo.

RIAUONLINE.CO.ID, menelusuri, Andrew Cuomo, mengkritik Presiden Donald Trump yang mencabut pembatasan sosial di saat tren Covid-19 meningkat.

Cuomo, dengan tegas menolak untuk melakukan perintah dari Presiden AS untuk membuka pembatasan sosial di negaranya (New York).

"Jika dia (Donal Trump) memerintahkan saya untuk membuka kembali dengan cara yang akan membahayakan kesehatan masyarakat negara bagian saya, saya tidak akan melakukannya," kata Cuomo, seperti dikutip dari kontan.co.id

Cerita diatas menjadi bagian penting contoh seorang leadership. Indra Yovi, mengatakan, siapa yang dipikir mayoritas masyarakat Amerika Serikat sebagai pimpinan.

Apakah Donal Trump atau Andrew Cuomo ?

Begitu juga, tren kasus yang terjadi di Pekanbaru yang meningkat sangat luar biasa, perhari hampir tembus 100 kasus.

Apakah benar yang dibilang oleh dr Indra Yovi, untuk sekarang Riau membutuhkan leadership yang smart ?

Ingat, terus pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan hindari kerumunan. Bantu dokter dan tenaga kesehatan dengan memutus mata rantai penularan Covid-19.