TNI AU Adang dan Ancurkan Pesawat Musuh di Siabu saat Latihan Perang

Latihan-Tempur2.jpg
(Riau Online)

Laporan: RAHMADI DWI

RIAU ONLINE, PEKANBARU- TNI Angkatan Udara, Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, menggelar latihan tempur di Area Weapon Range (AWR) Siabu, Desa Siabu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin, 7 September 2020.

Kepala Staf Angkata Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bersama rombongan tiba di Lanud Roesmin Nurjadin untuk memantau latihan antar satuan di AWR Siabu, Kabupaten Kampar.

Latihan militer dengan nama Jalak Sakti 2020, digelar selama dua hari di Pekanbaru dan Aceh.

Khusus Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, melaskanakan latihan manuver lapangan di tanggal 7 September 2020 dan tanggal 8 September 2020 di Lanud Sultan Iskandar Muda Provinsi Aceh.

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I, Marsekal Muda TNI Tri Bowo Budi Santoso mengatakan, latihan ini merupakan latihan rutin dan merupakan hari pertama latihan manuver di lapangan.

"Hari ini dilakukan latihan perang udara lengkap, disimulasikan, TNI Angkatan Udara melakukan penyerangan di suatu titik yang dihadang pesawat musuh, selanjutnya pesawat tersebut dihancurkan oleh TNI Angkatan Udara untuk mensukseskan pengeboman" Kata Marsda Tri Bowo Santoso.

Pangkoopsau I menambahkan, total personil yang dilibatkan dalam latihan militer jalak sakti di AWR Siabu, berjumlah 659 personil, dengan melibatkan unsur Basarnas, Palang Merah Indonesia serta Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB).

"Skuadron yang terlibat ada dari Halim Perdanakusuma, Skuadron Udara 2 menggunakan pesawat CN-295, Kemudian pesawat hercules, ada dari Skadron 12 dan Skadron 16 dan dari Bogor ada menggunakan Helikopter," Terang Marsda TNI Tri Bowo Budi Santoso

Kawasan latihan militer AWR Siabu terletak 40 Kilometer dari Kota Pekanbaru, merupakan area latihan penembakan udara yang biasa di gunakan personil Lanud Roesmin Nurjadin.