Enam Petahana Maju Lagi di Pilkada Serentak Riau 2020

Suyatno-Bupati-Rokan-Hilir.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: WAYAN SEPIYANA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Provinsi Riau, diikuti sembilan kabupaten/kota.

Adapun sembilan daerah menggelar Pilkada yakni Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Meranti. Kemudian, Kabupaten Indragiri Hulu, Bengkalis, Pelalawan, Siak, Kuansing, dan Kota Dumai.

Dari sembilan daerah kabupaten/kota, ada 34 Bapaslon yang akan memeriahkan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Menariknya, ada enam petahana yang juga ikut kembali mencalonkan dirinya.

Berikut ini petahana yang berebut kursi kepala daerah di Pilkada Serentak Riau 2020, yaitu:

Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman

Mantan Anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) dan sudah Purnabakti dari tugas, berpangkat, Letkol. Art. (Purn.) H. Sukiman adalah Bupati Rokan Hulu sejak 14 Februari 2018, dan berakhir pada bulan April 2021 mendatang.

Sebelumnya, Ia menjabat sebagai Wakil Bupati Rokan Hulu tiga periode, yaitu periode pertama 2006 - 2011, periode kedua 25 April 2016 sampaib14 Juni 2016, dan periode ketiga sejak 17 Mei 2017 sampai 7 Desember 2017.

Sukiman lahir dan dibesarkan dari Keluarga Nahdlatul Ulama (NU).

"Saya lahir dan besar dari keluarga NU, dukungan warga NU ke saya cukup berperan dalam karir saya," kata Sukiman, pada akun Facebooknya.

Sebagai politisi Partai Gerindra dan juga menjabat Ketua DPC Gerindra Rohul, Sukiman, mempunyai peluang untuk memimpin Rohul diperiode kedua.

Apalagi, sebagai petahana, yang sudah memberikan program dan pelayanan kepada warga Rohul, tentunya akan memudahkan dukungan suara pemilih.

Bupati Rokan Hilir (Rohil) Suyatno

Politisi PDI-P, Suyatno yang sekarang menjabat sebagai Bupati Rohil periode 2015-2020.

Pilkada Serentak Riau 2020, Suyatno juga ikut mencalonkan menjadi Bupati.

Sebagai politisi dan kader PDI-P Riau yang sudah berpengalaman, mulai dari menjadi Wakil Ketua DPD PDI-P Riau, menjadi wakil sekretaris internal PDI-P Riau.

Tentunya, membuat masyarakat Rohil bisa saja memberikan dukungan dan pilihan kepada petahan ini.

Apalagi, Suyatno pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Rokan Hilir sejak 8 Juni 2006 hingga 19 Februari 2014.

Kemudian, dilanjutkan menjadi Plt. Bupati Rokan Hilir sejak 19 Februari 2014 hingga 24 Maret 2014.

Segudang pengalaman dan pengabdian yang dilakukan Suyatno sebagai petahana akan memberikan dampak positif bagi dukungan suara masyarakat.

Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo

Eko Suharjo sekarang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Dumai periode 2015-2020. Politisi Demokrat ini mendampingi Zukifli AS sebagai Walikota Dumai.

Ia juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demoktar Kota Dumai. Sebagai petahana, Eko Suharjo tentunya lebih depan dalam memahami kebutuhan warga Dumai.

Tidak hanya itu, kegiatan-kegiatan yang sudah dirasakan oleh warga Dumai, berupa pelayanan, bantuan, dan pembangunan selama mendampingi Walikota Zulkifli AS, bisa mendongkrak perolehan suara.

Bupati Kuansing Mursini

Menjabat sebagai Bupati Kuansing periode 2016-2021, Mursini, sebagai petahana mempunyai kesempatan untuk memimpin Kuansing di periode kedua.

Sebagai putra asli daerah Kuansing, Mursini, memulai karir politik saat menjadi anggota DPRD Riau Dapil Indragiri Hulu - Kuantan Singingi 1999 - 2004.

Berlanjut, pada Pemilu 2004, Mursini kembali dipercaya masyarakat menjadi anggota DPRD Riau 2004 - 2009.

Tahun 2006, Ia bersama Sukarmis terpilih menjadi Wakil Bupati Kuansing 2006 - 2011. Selanjutnya, Ia mencalonkan diri untuk kedua kalinya, tahun 2011.

Namun, Mursini yang mencalonkan menjadi Calon Bupati harus menerima kekalahan dan gagal menjadi Bupati Kuansing 2011 - 2016.

Namun, pada Pilbup tahun 2015, Mursini kembali maju bersama Halim, dan terpilih menjadi Bupati Kuansing dan Wakil Bupati Kuansing 2016 - 2021.

Mursini baru menjabat resmi sebagai Bupati Kuansing pada 1 Juni 2016. Ia dikenal sebagai politisi senior dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sejak tahun 1990 sampai sekarang.

Bupati Siak Alfedri

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Alfedri merupakan petahana yang sekarang menjabat sebagai Bupati Siak periode 2019-2021.

Alfedri juga pernah menjadi Wakil Bupati Siak dua periode bersama Syamsuar yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Riau 2019-2024.

Dengan bekal pengalaman yang dimiliki, selama menjabat di Wakil Bupati dan Bupati Siak, membuat petahana ini berpeluang menang lagi.

Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim

Mantan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPD PAN Kepulauan Meranti, Said Hasyim. Ia sekarang memilih untuk menjadi kader Partai Golkar.

Dilantik menjadi Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim yang berpasangan dengan Irwan, pada periode 2016-2021. Sebagai Wakil Bupati Meranti, sekarang mencalonkan diri lagi, namun sebagai calon bupati.

Berbekal pengalaman menjadi Wakil Bupati Meranti, tentunya akan memudahkan Said Hasyim untuk menang Pilkada Meranti 2020.