Ketua DPRD Riau Gunakan Heli BNPB ke Bengkalis, Ini Kata Pengamat

tito-handoko.jpg
(istimewa)

Laporan: DEFRI CANDRA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Viralnya video Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Indra Gunawan (Eet) di media sosial, kemarin, 24 Agustus 2020 menjadi topik hangat di media.

Politisi Partai Golkar itu, disebut-sebut menggunakan helikopter BPNB saat berkunjung ke Bengkalis.

Padahal, helikopter BNPB biasanya dipakai untuk patroli udara memantau Karhutla di Riau.

Pengamat Politik dari Universitas Riau, Tito Handoko menyebut perbuatan politisi partai beringin tersebut sebagai tindakan korupsi.

"Menggunakan fasilitas Negara untuk kepentingan pribadi atau kelompok merupakan prilaku korup dan itu melanggar etika jabatan," ucapnya lewat pesan WhatsApp, Selasa, 25 Agustus 2020.

"Kita harus klarifikasi lagi ke BNPB dan kepada Ketua DPRD yang memiliki kepentingan lain," pungkas pria kelahiran Medan ini.

Sebelumnya, Eet sudah mengklarifikasi kepada media terhadap video viralnya di media sosial beberap hari lalu.

Apakah benar ia menggunakan helikopter BNPB untuk Musda di Bengkalis, eet membantahnya.

"Tidak, gak ada, salah itu, ada laporan dari masyarakat situ kalau ada ilegal logging," ucap eet saat menghadiri Kesiapsiagaan Satgas dan Relawan Karhutla-Covid-19 di Wilayah Riau di MTQ, Selasa, 25 Agustus 2020.

"Jadi pas saya lewat, memang laporan ilegal logging banyak, kalau masalah karhutla tidak mungkin, kita sudah punya dashboard lancang kuning," pungkas Sekretaris Partai Golkar Riau.

Hingga saat ini, masyarakat masih menunggu kepastian dan keterangan resmi dari pihak BNPB dan Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan terkait video viral menggunakan helikopter BNPB.