Jumlah Pasien Positif Covid-19 di RSD Madani Melonjak

Zaini-Rizaldy.jpg
(olivia)

Laporan: Laras Olivia

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jumlah kasus positif Covid-19 di Pekanbaru, Riau terus meningkat. Berdasarkan laporan Tim Sargas Covid-19 Provinsi Riau, Kota Pekanbaru menjadi daerah terbanyak penambahan kasus Covid-19.

Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani sebagai rumah sakit rujukan mulai kelebihan pasien positif Covid-19. Saat ini, setidaknya terdapat 23 pasien positif Covid-19 yang menjalani perawatan medis di sana.

Plh Dinkes Pekanbaru, Zaini Rizaldy mengungkapkan, pihaknya bakal menambah ruangan perawatan menyusul meningkatnya jumlah pasien.

"Iya saat ini ada kelebihan, maka rencananya kita tambah kamarnya," katanya kepada Riau Online, Minggu 23 Agustus 2020.

Rumah sakit pemerintah di Jalan Garuda Sakti, Kota Pekanbaru ini awalnya tersedia sepuluh ruang isolasi bagi pasien positif Covid-19.

Pihaknya pun menyiapkan penambahan kapasitas untuk perawatan bagi pasien positif covid-19 sebanyak 35 kamar.

Zaini mengatakan bahwa 70 ruang perawatan di RSD Madani sudah punya tempat tidur. Namun belum semua ruangannya memiliki penyejuk udara.

"Maka kita lengkapi, semoga minggu depan kapasitasnya bisa ditambah," ujarnya.

Hingga saat ini tim medis masih mampu menangani ratusan pasien positif Covid-19 yang jalani perawatan medis. Baik pasien perawatan di RSD Madani maupun rumah sakit lainnya.

Zaini mengakui saat ini terjadi peningkatan kasus. Ia berharap tidak ada penambahan yang terlalu signifikan kedepannya.

"Tapi masih bisa kita handel, kita siap dengan kondisi sekarang," katanya.

Pemerintah kota juga menyiapkan rumah sehat di Rusunawa Rejosari, Tenayan Raya. Namun saat ini belum ada pasien yang jalani isolasi di sana.

"Namun karena lokasinya jauh, maka pasien saat ini jalani isolasi di RSD Madani," kata Zaini lagi.

Zaini menyebut saat ini disiapkan 400 kamar untuk layanan kesehatan bagi pasien positif Covid-19. Mereka nantinya mendapat perawatan di 22 rumah sakit pemerintah dan swasta di Kota Pekanbaru.