Mahasiswa UNRI Ajari Pelaku UKM Jualan Online dan Bikin Laporan Keuangan

Mahasiswa-UNRI3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pelaku bisnis yang bergerak pada berbagai bidang usaha yang menyentuh kepentingan masyarakat.

Selain menjadi sektor usaha yang paling besar kontribusinya terhadap pembangunan nasional, UMKM juga menciptakan peluang kerja yang cukup besar bagi tenaga kerja dalam negeri, sehingga sangat membantu upaya mengurangi pengangguran. 

Penurunan omset pelaku UMKM akibat covid-19 sangat signifikan sejak kemunculannya di awal tahun 2020.

Hal ini Tim Pengabdian UNRI berinisiatif untuk membantu warga dalam meningkatkan omset usahanya dengan melakukan Sosialiasi Pelaporan Keuangan UMKM dan Pemasaran Online di Aula Kantor Lurah Kota Tinggi.

Tim pengabdian UNRI yang terdiri dari Hammed Diputra, Silvia Andini, Nisa Azhari, Nurfadilla, Annisa Liona, Dinda Putri, Annisa Sabilillah, Budi Setiawan, Wahyu Adhari, Derry Surya dan di dampingi oleh DPL yaitu Ferdy Putra, S.E., M.Ak., Ak.

Ketua Tim, Hammed Diputra mengatakan perkembangan digital dalam globalisasi sangat berpengaruh pada roda ekonomi.

"Di saat situasi akibat Covid-19, kita dapat memanfaatkan hal ini untuk membantu mendata omset penjualan UMKM," katanya beberapa waktu lalu.

Penjualan online atau menggunakan aplikasi media sosial dapat meningkatkan keuntungan, mengingat tidak perlu ada yang dikhawatirkan selama proses penjualan berlangsung karena serba online dan semua orang bisa membeli di saat situasi seperti sekarang ini.

Besar harapan Tim Pengabdian UNRI setelah dilakukan Sosialisasi ini dapat membantu memudahkan UMKM untuk mengambil kaputusan financial.