PSG Melaju ke Final Liga Champions setelah Kalahkan RB Leipzig 3-0

PSG2.jpg
(Reuters)

RIAU ONLINE, LISBON- Paris Saint-Germain melaju ke final Liga Champions 2020 setelah berhasil menyingkirkan RB Leipzig.

Dalam pertandingan yang digelar di Estadio da Luz, Rabu 19 Agustus 2020 dini hari WIB, Neymar dkk. menghajar Leipzig dengan skor 3-0. 

Gol PSG dicetak oleh Marquinhos (13'), Angel Di Maria (42'), dan Juan Bernat (56'). RB Leipzig, yang permainannya membaik di babak kedua, tak mampu berbuat banyak di semifinal pertamanya ini. 

Dengan hasil ini, PSG menanti pemenang antara Bayern Muenchen vs Lyon di laga final Liga Champions. Muenchen dan Lyon baru akan bertanding Kamis 20 Agustus 2020 dini hari WIB. 

Pertandingan belum genap berlalu enam menit saat Neymar hampir membawa PSG unggul. 

Penyerang asal Brasil itu lolos dari penjagaan Dayot Upamecano dan berhasil menerima umpan terobosan dari Kylian Mbappe. Sayangnya, sontekan Neymar masih menabrak tiang gawang Leipzig. 

Semenit kemudian, gol PSG lewat kaki Mbappe dianulir wasit. Wasit menilai Neymar, yang menghentikan tendangan Gulácsi, melakukan handsball sebelum bola jatuh di kaki Mbappe. 

Tak perlu menunggu lama, PSG akhirnya mendapatkan keunggulannya pada menit ke-13. Berawal dari tendangan bebas di ujung kanan kotak penalti Leipzig, Angel Di Maria mengirim umpan ke kotak penalti yang disambut sundulan cantik Marquinhos. 

Sundulan bek asal Brasil yang lebih kerap dipasang sebagai gelandang bertahan itu meluncur deras ke pojok kiri atas gawang Leipzig. Gulácsi tak bisa berbuat apa-apa. 

Di menit 25, Leipzig hampir saja menyamakan kedudukan. Penetrasi Dani Olmo di sisi kiri pertahanan PSG membuka peluang buat Yussuf Poulsen. Sayang, tendangan Poulsen masih menyamping di sisi kiri gawang Sergio Rico. Skor masih bertahan 0-1. 

Meski begitu, justru PSG yang berhasil menambah keunggulan. Pada menit 43, Angel Di Maria berhasil mencetak gol memanfaatkan umpan backheel indah dari Neymar. 
Berawal dari kesalahan operan Gulacsi, Ander Herrera mengirim umpan cepat ke depan gawang Leipzig.

Neymar yang jadi tujuan operan melakukan backheel cantik yang mengantar bola ke kaki Di Maria. 
Penyerang asal Argentina itu melepaskan tendangan mendatar ke sebelah kiri Gulacsi dan tak kesulitan menyelesaikan peluang. 

RB Leipzig 0-2 PSG. Skor bertahan hingga babak pertama usai.

21 menit babak kedua berjalan, pertandingan jadi makin suram buat RB Leipzig. Bek kiri PSG, Juan Bernat, mencetak gol lewat sundulannya di menit 56. Lagi-lagi Di Maria yang menjadi penyumbang assist dalam gol PSG ini. 

Awalnya, Bernat terlihat berada dalam posisi offside saat mencetak gol ketiga PSG. Namun, VAR menyatakan bahwa ia berada dalam posisi onside sebab Upamecano sedang rebahan di sisi kanan jauh pertahanan Leipzig. Tadinya ia pura-pura terjatuh karena pressing Herrera tapi tak diberi tendangan bebas. 

Di menit 70, hampir saja Mbappe menambah gol buat PSG. Namun demikian, sundulannya memanfaatkan umpang lambung Di Maria masih menyamping dari gawang Gulacsi. 

Skor 0-3 bertahan hingga laga usai. PSG lolos ke final Liga Champions untuk kali pertama.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com