Jangan Ada Lagi Ucapan SDM di Pekanbaru Tidak Berkualitas Jelang KIT Beroperasi

Muhammad-Sabarudi2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Menjelang beroperasinya Kawasan Industri Tenayan (KIT) di Kota Pekanbaru, Pemko Pekanbaru harus mulai membangun Visi dan Misi.

Anggota DPRD Pekanbaru, Muhammad Sabarudi mengatakan, KIT nantinya diperkirakan akan menyerap sebanyak 150 ribu tenaga kerja.

Ditargetkan dari 150 ribu tenaga kerja tersebut sebanyak 70 persen adalah tenaga kerja lokal yang murni berasal dari Kota Pekanbaru.

"Bukan hanya visi dan misi dalam membangun KIT saja, namun juga harus mulai membangun dari segi sumber daya manusia (SDM). Dan jangan sampai ada bahasa SDM di Pekanbaru tidak berkualitas dan tidak bisa bersaing, itu harus diperhatikan," ujarnya.

Hal tersebut mengingat bahwa KIT ini sendiri adalah proyek dalam jangka panjang, dari itu segala persiapan juga sudah harus dipersiapkan dari saat ini juga menjelang KIT ini sendiri mulai beroperasi.

Dia menuturkan yang harus diperhatikan oleh Pemerintah bukan hanya dari SDM-nya sendiri, melainkan investor yang akan membangun KIT diusahakan sedemikian rupa adalah investor dari dalam negeri.

"Kalau sekarang investor dari China itu hanya baru sebatas MoU, dan informasi yang saya dapat MoU itu masih terbuka untuk investor lain. Dan MoU dari China ini hanya sebagai pembuka, belum final," jelasnya, Sabtu 18 Juli 2020.