Satu Pegawai Diskominfo Positif Covid-19, Gubri Syamsuar Minta OPD Swab Massal

konpres-corona.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengumumkan, Selasa 28 Juli 2020 ada penambahan 27 kasus baru pasien positif Covid-19. Belakangan terungkap, dari 27 kasus baru yang diumumkan Selasa 28 Juli 2020 tersebut ternyata salah satunya adalah pegawai di lingkungan Pemprov Riau. Pegawai tersebut bertugas di Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Riau dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di RSUD Arifin Ahmad.

Gubri Syamsuar mengungkapkan, ASN Kominfo tersebut dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti swab massal digelar oleh Pemprov Riau pada tanggal, 21 Juli 2020 kemarin.

"Hari ini ada salah satu pegawai kita yang terkonfirmasi positif Covid-19, itu hasil swab beberapa hari yang lalu dan hasilnya baru keluar hari ini, ternyata pegawai kita ini positif," kata Syamsuar.

Dengan adanya temuan ini, Gubri Syamsuar memerintahkan kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau untuk melakukan swab massal kepada seluruh pegawai di lingkungan OPD masing-masing.

"Saya sudah sampaikan kepada pimpinan OPD, tanggal 5 Agustus nanti kita akan lakukan swab massal kepada pegawai Pemprov Riau. Ini untuk melihat sejauh mana penularan Covid-19 di lingkungan pegawai kita," ujarnya.

Dengan adanya temuan pegawai Pemprov Riau dinyatakan positif Covid-19 ini, Gubri Syamsuar kembali mengingatkan kepada seluruh pegawai pemprov Riau agar meningkatkan kewaspadaan dan selalu mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari menggunakan masker saat keluar rumah dan di tempat kerja, selalu mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir dan menjaga jarak.

"Kita tidak tau ini, jangan-jangan diantara kita ini sudah ada yang positif Covid-19, meskipun kita terlihat baik-baik saja, tidak sesak nafas, demam, batuk, inilah yang dinamakan orang tanpa gelaja atau OTG," katanya. (*)