Hamdani Berharap Wonorejo Jadi Pilot Project Pengembangan Sistem UMKM

Hamadani3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hamdani kembali melaksanakan reses di Jalan Kuini, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai, Sabtu 27 Juni 2020.

Kepada ketua DPRD Pekanbaru ini, banyak dari masyarakat yang mengeluhkan persoalan genangan air yang diakibatkan drainase tak berjalan dengan baik hingga peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dari itu, Hamdani menjelaskan bahwa pihaknya akan mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui pihak kelurahan dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk menerapkan konsep One Village One Product untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Ini yang akan diterapkan di kelurahan Wonorejo, dan dalam beberapa waktu ke depan ini masuk dalam proses pendataan warga dan dengan data ini kemudian akan dikembangkan," cakapnya.

Terlebih di Kelurahan Wonorejo ini sendiri banyak dari masyarakatnya yang memproduksi jajanan kuliner tradisional, salah satunya adalah kue basah.

"Semoga ini didukung oleh kelurahan karena kita ingin Kelurahan Wonorejo ini menjadi pilot project untuk pengembangan sistem UMKM," jelasnya.

Sementara itu untuk genangan air yang ditimbulkan dari drainase yang tidak berfungsi dengan baik, Hamdani menekankan bahwa PUPR bisa melakukan penanganan dan penyelesaian genangan yang terjadi di Pekanbaru.

Terlebih saat ini Dinas PUPR Kota Pekanbaru tengah melakukan proses pelelangan Masterplan untuk mengembalikan drainase agar dapat berfungsi normal kembali.

"Kita harapkan Masterplan tuntas di tahun ini, kemudian PUPR sendiri menerangkan pihaknya sudah melakukan pengurangan terhadap titik-titik banjir. Ini kita gesa dan kita kuatkan pihak PUPR, terlebih saat ini sudah masuk musim penghujan. Dan juga periode Walikota dan Wakil Walikota sudah tidak lama lagi," bebernya.

Selain memfokuskan peningkatan sektor UMKM dan sistem drainase, Hamdani juga berjanji akan berusaha untuk tahun ini Kelurahan Wonorejo memiliki SMP Negeri.