Lakukan Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19, Lima Warga Bunut Jalani Swab

Swab3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PELALAWAN-Sebanyak lima warga Desa Balam Merah, Kecamatan Bunut mejalani test swab. Kelimanya adalah orang yang melakukan kontak erat  dengan pasien positif Corona Nyonya A (30).

Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan Riau menjaring lima warga melalui Tracing Contac Pasien positif Virus Corona Kamis 25 Juni 2020.

Kelima warga itu dengan rincian suami, dua anaknya, dan dua orang kerabat yang mengantarkan A berobat ke rumah sakit swasta di Kota Pekanbaru. Tim medis dari Diskes dan Puskesmas hanya menemukan lima orang saja dari hasil penelusuran kontak.

"Hari ini mereka akan menjalani swab test agar lebih pasti hasilnya dan dikirimkan ke Lab Kesda," kata juru bicara tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Pelalawan, H Asril.

Kelima keluarga dan kerabat wanita itu telah menjalani isolasi khusus di Gedung Olahraga (GOR) Tengku Pangeran Pangkalan Kerinci sebagai lokasi karantina khusus.

<iframe src="" width="320" height="240"></iframe>

Tim medis beserta tim gugus tugas di kecamatan memberikan pemahaman dan penjelasan yang cukup alot hingga mereka bersedia dibawa dan dikarantina di GOR.

Diskes tidak perlu lagi melakukan rapid test kepada kelima dan langsung melakukan swab untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Diperkirakan tiga paling lambat hari kedepan telah diterima hasil pemeriksaan sampel cairan hidung dan mulutnya.

"Kita berharap mereka semua negatif Covid-19. Jadi kita fokus mengobati yang seorang positif saja," pungkas Asril.

Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan ini menyebutkan, kondisi kesehatan nyonya A saat ini tampak stabil dan hanya mengalami sedikit gejala saja.

Ia telah diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci sejak 21 Juni lalu. Perempuan itu dinyatakan positif setelah berkunjung ke sebuah rumah sakit swasta di Pekanbaru untuk berobat pekan lalu.

Nyoya A belum pernah bepergian ke luar kota maupun zona merah serta kontak dengan pasien positif lainnya.