Pemko Pekanbaru Kembali Gelar Rapid Test, Segera Catat Lokasinya

Swab2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemko Pekanbaru berencana kembali menggelar tes swab untuk menghentikan penularan virus corona di Pekanbaru pada Rabu 24 Juni 2020.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin saat dikonfirmasi menyebut, tes swab massal direncanakan dilakukan di dua titik.

Pertama di Sukaramai Trade Center (STC), dan Pasar Pusat Pekanbaru. Lokasi disebar di dua titik untuk memecah keramaian.

"Iya, kita rencakan tanggal 24 besok di STC dan Pasar Pusat," ujar Amin, Minggu 21 Juni 2020.

Tes swab masal akan diselenggarakan bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Tes swab masal dilakukan kepada Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 yang tercatat di data tim gugus tugas Covid-19 Pekanbaru.

Amin menyebut, tes swab masal ini sebelumnya memang sudah direncanakan bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau dalam upaya mencari orang tanpa gejala (OTG) Covid-19.

Pemko Pekanbaru berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk melakukan tes swab masal. Karena Pemerintah Provinsi telah memiliki laboratorium biomolekuler untuk pemeriksaaan swab.

Ditambah dengan mencuatnya kasus baru dari klaster BRI, maka seluruh orang yang didapat dari hasil tracing dari pasien terkonfirmasi positif akan melakukan tes swab massal.

Mereka yang menjalani tes swab akan dilakukan pengambilan sampel cairan saluran pernapasan. "Hasil nya, baru dapat diketahui 2-3 hari dari waktu pengambilan sampel," tutupnya dilansir dari pekanbaru.go,id