Dinkes Ambil 63 Sampel Lendir ODP di 3 Puskemas di Pekanbaru

ODP3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebanyak 63 Orang Dalam Pemantauan diamil sampel lendirnya oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan, pengambilan sampel swab itu di pusatkan pihaknya di tiga puskesmas pada Selasa 16 Juni 2020 dan Rabu 17 Juni 2020.

Di Puskesmas Harapan Raya, Kecamatan Bukit Raya, Selasa 16 Juni 2020, sebut dia, tim medis mengambil sampel swab terhadap 3 ODP.

Kemudian Rabu 17 Juni 2020, tes swab yang dipusatkan di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo, Kecamatan Tampan, diikuti sebanyak 43 ODP dan di Puskesmas Rumbai Pesisir diikuti oleh 17 ODP.

"Jadi total ODP yang sudah swab test massal ada 63 orang," ungkapnya, Kamis 18 Juni 2020.

Sampel swab 63 ODP tersebut, terang Amin, sudah dikirim ke Laboratorium Molekuler Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau untuk dilakukan pemeriksaan.

"Biasanya hasil bisa diketahui setelah dua atau tiga hari. Tapi bisa saja lebih cepat karena ODP yang ikut (tes swab) semakin sedikit," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Amin, tes swab bekerjasama dengan Gugus Tugas Covid-19 Riau itu merupakan salah satu upaya meminimalisir penyebaran wabah corona serta untuk menjaring Orang Tanpa Gejala (OTG