Pemko Pekanbaru Gencar Gelar Rapid Test, Kejar Orang Tanpa Gejala

Warga-sedang-menjalani-rapid-test.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ratusan alat rapid test milik Pemko Pekanbaru masih tersedia. Unutk memanfaatkannya, Pemko akan gencar melakukab rapid test.

Salah satu upaya dengan melakukan rapid tes masal dalam mencari Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin mengatakan, Pemko Pekanbaru terus berupaya dalam menekankan jumlah kasus Covid-19 di Pekanbaru. Sesuai dengan arahan Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT untuk terus mencari OTG dengan melakukan rapid test massal. 

"Ada sekitar 800-an lebih alat rapid test yang masih tersedia. Untuk rapid test massal berikutnya memang ada rencana, tapi kita masih koordinasi dengan tim gugus," ujar Amin, Selasa (9/6/2020). 

Pelaksanaan rapid test masal sendiri dikatakan Amin, tidak mesti di wilayah zona merah saja. Namun dapat dilakukan di tempat atau pusat keramaian masyarakat, seperti pasar. 

Menurutnya, orang dengan tanpa gejala dapat membahayakan. Dimana seseorang terlihat sehat dan tanpa memiliki gejala Covid-19, sehingga dia dapat menularkan ke orang lain yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

"Jadi, nanti bisa saja kita laksanakan di pasar misalnya, tidak mesti di zona merah saja," jelasnya. 

Hari ini juga telah diselenggarakan rapid test masal kepada seluruh Imam masjid paripurna se-Kota Pekanbaru. Dari 137 orang yang mengikuti, satu orang diantaranya dinyatakan reaktif. Rapid test massal yang diselenggarakan Pemko Pekanbaru tidak dipungut biaya alias gratis