Pengumuman Kelulusan SMP di Pelalawan Lewat WhatsApp

Ilutrasi-kelulusan-SMP.jpg
(Aldino)

RIAU ONLINE, PELALAWAN-Pelajar Menengah Pertama (SMP) sederajat akan menyelesaikan sekolah mereka Besok, Jumat 5 Juni 2020. Hal yang sama juga terjadi di Kabupaten Pelalawan. Walau pun tidak menjalani Ujian Nasional para siswa ini tetap dinyatakan lulus melalui penilaian khusus.

"Besok pengumuman siswa SMP disampaikan oleh masing-masing sekolah. Sistem pengumumannya telah ditetapkan," kata  Pelaksana tugas (Plt) Kadis Pendidikan Pelalawan, M Zalal Kamis 4 Juni 2020.

Berbeda dengan kebiasaan lama, pandemi covid-19 membuat para guru tidak mengumumkan kelulusan lewat pengumuman di sekolah, namun mengedepankan teknologi.

"Surat kelulusan akan dikirimkan langsung via aplikasi WA, dari guru kelas kepada orangtua ataupun wali murid. Jadi nggak perlu datang ke sekolah lagi," tutur Zalal. Hal itu dilakukan untuk menimalisir keramaian.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan SMP Disdik Pelalawan, Yasri Budu, menyebutkan dalam Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta ujian kelas IX se-Kabupaten Pelalawan mencapai 6.192 siswa.

Jumlah itu berasal dari 95 sekolah SMP sederajat dengan rincian sekolah SMP negeri dan swasta sebanyak 71 sekolah, kemudian MTS negeri dan swasta mencapai 24 sekolah.

Disdik, kata Yasri Budu, telah menyampaikan kepada koordinator masing-masing kecamatan dan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se-Pelalawan.

Terkait proses kelulusan siswa SMP ditengah pandemi virus corona. Mulai dari tata cara pengumuman hingga dasar penyusunan nilai siswa yang akan dicantumkan pada ijazah

"Penilaian kelulusan siswa berpedoman pada Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam mas darurat penyebaran Virus Corona," papar Yasri.

Dalam SE Mendikbud yang dikeluarkan pada 24 Maret lalu mengatur terkait kelulusan siswa SMP sederajat yang nilainya ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir.

Nilai semester genap yang terakhir dapat digunakan sebagai nilai tambahan untuk kelulusan.