Wali Kota Firdaus Beberkan Rahasia Sukses Kendalikan Penyebaran Covid-19

Milea.jpg
(Instagram-infojawabali)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemko Pekanbaru memiliki catatan lumayan apik mengendalikan penyebaran Coronavirus Disease atau Covid-19. Berdasarkan catatan, penyebaran wabah Coronavirus Disease atau Covid-19 dengan rasio 0,4.

"Ini juga mungkin yang menjadi pertimbangan dari Pemerintah Pusat menetapkan Kota Pekanbaru untuk menerapkan New Normal," kata Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, Kamis 28 Mei 2020.

Keberhasilan itu, sebut walikota, terbukti dengan hanya terdapat 1 kasus konfirmasi positif Covid-19 selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap tiga yang dilaksanakan terhitung 15 hingga 28 Mei 2020.

"Selama PSBB tahap tiga, hanya ada 1 pasien positif dari kelompok G2. G2 ini merupakan warga lokal yang kontak dengan orang luar," ucapnya.

Menurut walikota, keberhasilan tersebut tak terlepas dari dukungan semua pihak seperti TNI, Polri dan masyarakat sendiri yang dinilai sudah mulai disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Sehingga kerjasama semua pihak ini menempatkan Kota Pekanbaru sebagai salah satu kota yang berhasil melaksanakan PSBB," ungkapnya.

Meski sudah berhasil menekan sebaran Covid-19, namun walikota tetap mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan penanganan virus corona.

"Semoga kondisi ini semakin membuat masyarakat semakin disiplin mematuhi protokol kesehatan. Karena disiplin merupakan kunci utama agar masyarakat terhindar dari covid," tutup walikota. (kominfo)