Labor Biomolekuler Riau Dapat Pinjaman Alat PCR dari BPOM Pekanbaru

labor-biomekular.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru ternyata memiliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang bisa digunakan untuk menguji sampel pasien Covid-19. Saat ini alat PCR milik BPOM Pekanbaru tersebut sudah dipinjamkan ke Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru, Selasa 28 April 2020.

Dengan adanya tambahan satu alat PCR ini, maka saat ini total sudah ada tiga alat PCR yang dioperasikan untuk menguji sampel swab pasien di Labor Biomolekuler Riau. Tambahan alat PCR ini diharapkan dapat membantu mempercepat pengujian spesimen swab pasien COVID-19.

"Alhamdulillah kita mendapat pinjaman alat PCR dari Balai Besar POM Pekanbaru sehingga akan menambah peningkatan pemeriksaan sampel di lab biomolekuler," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Selasa 28 April 2020.

Labor Biomolekuler RSUD Arifin Ahmad Riau ini sudah dioperasikan sejak 20 April 2020 lalu. Dengan dioperasikanya labor ini maka Riau tidak lagi bergantung ke Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan di Jakarta untuk memeriksa spesimen pasien yang terserang virus corona.

"Laboratorium itu bisa memeriksa 60 hingga 100 sampel per hari dan pinjaman alat dari BBPOM Pekanbaruakan meningkatkan kecepatan laboratorium dalam melakukan pengujian sampel pasien," katanya.

Hingga saat ini Labor biomolekuler RSUD Arifin Achmad sudah menerima 549 sampel dan yang sudah selesai diuji ada 278 sampel. Hasilnya ada 11 yang positif dan sisanya negatif. (*)

-->