´╗┐

Baru Ada 2, Poskowas di Kuansing Beroperasi Hanya Sampai Sore

Petugas-berjaga-di-posko-pengawasan.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Demi mencegah penyebaran virus corona (Covid 19), Pemerintah Kabupaten Kuansing, Riau sudah melakukan penjagaan dan pengawasan terhadap akses pintu masuk menuju Kabupaten Kuansing.

Setiap orang yang melintas masuk menuju Kuansing akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas mulai dari sopir, penumpang hingga pengendara. Dari lima akses pintu masuk menuju Kabupaten Kuansing, baru dua akses pintu masuk yang dilakukan penjagaan oleh petugas, sampai dengan Senin, 13 April 2020.

Dua pintu masuk yang dilakukan penjagaan dan diawasi tersebut pertama di jalan lintas Sumatera berada di perbatasan Riau - Sumbar tepatnya di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik. Poskowas ini sudah beroperasi sejak Rabu lalu, 8 April 2020.

Kemudian satu lagi berada di jalan lintas menuju Pekanbaru batas Kuansing - Kampar tepatnya berada di Desa Tanjung Pauh, Kecamatan Singingi Hilir. Poskowas ini diaktifkan mulai Minggu, 12 April 2020.

"Kita fokus jalan utama dulu, baru dua yang beroperasi," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kuansing, Asmari yang dihubungi Riau Online, Senin, 13 April 2020.

Asmari mengatakan, untuk sementara dua Poskowas baru beroperasi hanya dari pagi sampai sore hari mulai dari pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 18.00 WIB. "Rencana kedepan akan kita aktifkan 24 jam," ujar Asmari.

Khusus Poskowas berada di Desa Kasang kenapa belum beroperasi 24 jam terang Asmari, itu karena Poskowas saat ini masih tahap penyelesaian pembangunan dan menunggu ada penerangan.

Kemudian untuk akses pintu masuk di Kecamatan Cerenti rencana akan beroperasi mulai minggu ini. "Sudah kita tinjau dengan pak Bupati, dalam minggu ini beroperasi," katanya.

Perkiraan Poskowas ini akan beroperasi untuk tiga bulan kedepan apabila masih terjadi penyebaran Covid 19 ini. "Harapan kita secepatnya bisa berakhir," pungkasnya.

Petugas yang ditempatkan di Poskowas akses pintu masuk perbatasan ini terdiri dari Dinas Perhubungan (leading sector), Dinas Kesehatan, TNI, Polri dan Satpol PP.

Kuansing memang memiliki lima pintu masuk, pertama batas Kuansing - Sumbar berada di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, kedua batas Kuansing - Inhu berada di Desa Pesikaian Kecamatan Cerenti, ketiga batas Kuansing - Kampar berada di Desa Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir.

Kemudian batas Kuansing - Kampar (Gunung Sahilan) berada di Desa Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir, dan terakhir batas Kuansing - Dharmasraya Sumbar berada di Desa Perhentian Sungkai.

-->