Di Indonesia Ditolak, di Madinah Dimakamkan di Pekuburan Sahabat Nabi

Jenazah-pasien-corona-dimakamkan-di-madinah.jpg
(Foto: Twitter/@HaramainInfo)

RIAU ONLINE, MADINAH-Pemadangan berbeda terlihat di pemakaman di Madinah, Arab Saudi. Di sana, jenazah pasien covid-19 dimuliakan karena dimakamkan di samping pekuburan masjid Nabawai. Namun fakta berbeda terjadi di Indonesia. Banyak warga yang menolak jenazah pasien covid-19.

Jenazah pasien covid-19 dii Madinah, Arab Saudi, justru dimuliakan. Hal ini diceritakan dalam sebuah cuitan viral yang diunggah akun Twitter @gepreksapi pada Senin 6 April 2020.

My Post (89).jpg

 

Foto: Twitter/@HaramainInfo

Dalam foto di cuitan itu terdapat tulisan yang menceriakan bahwa jenazah pasien corona di Madinah dikuburkan di pemakaman Baqi, di samping Masjid Nabawi. Diketahui pemakaman ini merupakan tempat dikebumikannya para keluarga dan sahabat Nabi.


Lokasi ini kerap dikunjungi umat Islam dari seluruh dunia yang datang ke Madinah. Sayangnya wilayah ini ditutup oleh pemerintah Arab Saudi bersamaan dengan dihentikannya kegiatan ibadah umrah demi mencegah penyebaran virus corona.


Masih dalam foto yang sama, terlihat beberapa petugas menggunakan baju pelindung\ tengah mengurusi jenazah yang dibungkus kain kafan. Akun @gepreksapi menjelaskan bahwa foto dan informasi tersebut didapatkannya dari seorang temannya yang tinggal di Madinah.


"Guyss dibaca yaa. Ini story temanku yang tinggal di Madinah :')," ujar akun @gepreksapi dalam keterangan unggahannya.

Cuitan ini ramai jadi perhatian warganet. Hingga tulisan ini dibuat, unggahan itu sudah mendapat lebih dari 35 ribu likes. Warganet memberikan respons yang beragam. 

Banyak yang mengaku kagum dengan cara Madinah memperlakukan jenazah pasien corona seperti yang diceritakan dalam unggahan itu. Namun tidak sedikit yang meragukan kebenaran informasi dalam cuitan tersebut.


Namun foto yang sama juga diunggah oleh akun Twitter informasi asal Arab Saudi @haramaininfo. Dalam cuitan akun tersebut, dikatakan jenazah memang dikebumikan di Al Baqee' Cemetery alias pemakaman Baqi.


"Tolong mention mbak2nya yang kemaren bikin klarifikasi kampungnya dia nolak jenazah. buat bahan renungan aja kalo emang ngerasa bener," ujar @cloudyschagi.
"Beruntungnya dimakamkan di Baqi," komentar @jadibaca.
"Hoax engganya ya emang seharusnya gitu, setinggi apa si derajat manusia sampe nolak jenasah sodaranya...heran,"

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com

-->