Fatwa MUI Soal Salat Jumat, Asri Auzar: Jangan Tinggalkan Masjid

asri-auzar-dewan.jpg
(hasbullah)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Asri Auzar meminta kepada masyarakat Riau agar tidak meninggalkan masjid hanya karena khawatir terpapar virus Corona yang saat ini menghebohkan dunia.
 
Dikatakan Asri, sebagai muslim yang baik tentunya selain berusaha menjaga diri sebaik-baiknya kita juga harus memohon dan berdoa kepada Allah supaya dijauhkan dari marabahaya virus ini.
 
"Saya tidak menentang fatwa MUI, tapi saya memiliki pandangan berbeda, saya minta tolong jangan tinggalkan masjid. Berdoa bersama itu lebih baik daripada berdoa sendiri, semoga doa kita diijabah Allah SWT," ujar Ketua DPD Demokrat Riau ini, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Asri meminta masyarakat bisa mendoakan supaya segera ditemukan solusi untuk menangkal penyebaran virus Corona ini sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya. 
 
Disamping itu, Asri juga berharap Pemerintah bisa memberikan rasa aman kepada muslim yang ingin melaksanakan shalat berjamaah di masjid dengan penyemprotan disinfektan di masjid.
 
Kemudian, karpet-karpet masjid dibersihkan hingga penyediaan hand sanitizer untuk jemaah. 
 
Sedangkan untuk jemaah yang dalam kondisi tidak sehat disarankan untuk shalat di rumah saja.
 
"Kalau sehat, silahkan beribadah di masjid. insyaAllah tidak ada masalah. Hindari juga kontak fisik sesuai anjuran pemerintah," tutupnya.
 

Ketua Bidang Fatwa MUI Huzaemah juga meluruskan informasi terkait isu MUI membolehkan masyarakat melakukan salat Jumat di rumah di tengah pandemi Corona. Huzaemah menegaskan MUI tidak pernah mengeluarkan fatwa itu.

"Hanya dikatakan boleh tidak melakukan salat Jumat tetapi diganti salat Zuhur di kediaman masing-masing, nggak ada itu bunyinya boleh salat Jumat di rumah. Salat Jumat itu kan jemaah, bagaimana (kalau) di rumah," tegasnya

 

-->