Posisi Komut Bank Riau Kepri, Zulfi Mursal: Beri Kesempatan Orang Lain

Zulfi-Mursal.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Fraksi PAN DPRD Riau, Zulfi Mursal, meminta Gubernur Riau, Syamsuar agar tidak menyerahkan jabatan kepada orang yang itu-itu saja. Syamsuar hendaknya memberi kesempatan kepada yang lain.

Hal tersebut disampaikan Zulfi ketika menanggapi Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya, masuk dalam kandidat Komisaris Utama (Komut) Bank Riau Kepri.

"Masalah regulasi saya kurang paham, apakah boleh Sekda jadi komut. Tapi yang jelas menurut kami, alangkah lebih cocok kalau itu diserahkan ke lain," kata mantan Ketua DPRD Siak ini, Jumat, 17 Januari 2020.

Sekda sambungnya, memilki tugas yang tidak sedikit karena dia harus mengepalai semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di bawah Pemprov Riau.

Sehingga menurutnya, jabatan strategis seperti itu harus diserahkan kepada orang yang betul-betul mampu mengelola bisnis perbankan, apalagi saat ini BRK tengah bertransisi dari konvensional ke syariah.

"Siapa direkturnya yang cocok itu di luar wewenang kita. Karana kan bukan kita yang fit and proper test. Yang jelas pejabat-pejabat BRK harus orang mumpuni dan mengerti tentang Syariah. Kalau hanya paham bisnis, ya sama dengan konvensional dong," jelasnya.

"Mudah-mudahan ini bukan kepetingan, kalau ini jadi kepentingan kelompok, tunggulah kehancuran," tuturnya.