Meski Bukan Dari Keluarga Besar Politisi, Komperensi Yakin Bisa Jadi Wabup Kuansing

komperensi-dprd.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Meski terlahir dari keluarga petani yang tidak pernah bersentuhan dengan politik, Bakal Calon Wakil Bupati Kuansing, Komperensi optimis bisa membangun Kuansing bersama saat ini.

Kepada Riau Online, Komperensi mengaku hanya dia satu-satunya politisi dari keluarga besarnya.

Meski demikian, Komperensi banyak belajar tentang politik sejak mudanya karena kerap aktif dalam berbagai kegiatan masyarakat sehingga namanya cukup dikenal oleh masyarakat negeri pacu jalur.

"Saya bukan keluarga politik, saya cuma dari keluarga petani, tapi saya sudah hidup di dunia organisasi, saya biasa bertemu masyarakat. Kalau tidak di politik saya tidak bisa memperjuangkan masyarakat," kata anggota DPRD Riau ini.

Karena aktif di kegiatan masyarakat inilah, Komperensi paham bahwa politik satu-satunya cara untuk membesarkan organisasi masyarakat dan membuat perubahan di Kuansing.

"Saya dulu tahun 2000 sudah aktif di Golkar, tahun 2004 sudah nyaleg, 2009 saya anggota DPRD Kuansing, sampai dengan tahun 2015. Tapi saya harus mundur waktu itu karena maju Pilbup 2015. Tahun 2019 saya nyaleg lagi untuk DPRD Riau. Jadi saya sudah lama di politik ini," tuturnya.

Disinggung mengenai perannya sebagai ibu bagi anak-anaknya di tengah kesibukan sebagai politisi, Komperensi menyebut anak-anak dan suaminya sudah memberikan restu untuk berkarir di politik.

"Dari dulu saya selalu diskusi dengan suami, kemudian anak-anak. Kalau semua sudah restu baru saya lanjut ke keluarga besar. Alhamdulillah semua merestui," ujarnya.

Bahkan, sampai saat ini Komperensi tidak pernah mendapat komplain dari anak-anaknya maupun suaminya karena terlalu sibuk dengan politik.

"Anak-anak saya juga udah besar, walaupun masih ada yang SMP. Gak pernah mereka minta saya berhenti di politik, malah mereka minta saya maju di Pilbup lagi," tambahnya.

Sebab, jika nantinya Komperensi menjadi Wakil Bupati Kuansing, ia akan lebih banyak menghabiskan waktu di Kuansing sehingga waktu bersama keluarga lebih banyak dibanding dengan anggota DPRD Riau.

"Kalau sekarang kan saya sibuk di Pekanbaru, sementara keluarga di Kuansing. Makanya mereka mendorong penuh saya maju di Pilbup," ulasnya.

Lebih jauh, Komperensi masih solid berpasangan dengan Ketua DPC PDIP Kuansing, Halim yang saat ini berstatus sebagai Wakil Bupati Kuansing.

Komperensi sendiri saat ini menjabat sebagai ketua DPD PAN Kabupaten Kuansing.

"Kami juga sudah mendaftar ke PKS, PKB, Gerindra, Nasdem dan Demokrat," katanya.

Terkait dirinya yang sempat berlawanan dengan Halim di Pilbup Kuansing, dimana kala itu ia berpasangan dengan Indra Putra, sementara Halim mendampingi Mursini, Komperensi menyebut itu hal yang biasa.

"Politik itu kan dinamis, tidak selamanya kawan menjadi lawan. Makanya, siapapun lawan dan kawan nantinya saya harus siap," tutupnya.